Rabu, 15 Agustus 2012

Nuzulul Qur'an

  1. Al-Qur'an - Al-Kariim.
    Al-quranul Kariim adalah sebuah Kitab suci Umat Tauhid yang diturunkan Allah Subhanahu Wata’ala kepada Nabi Muhammad SAW.

    Al-Quran adalah kumpulan dari Wahyu Ilahi yang terahir, kepada Rasul Penghabisan, untuk seluruh Umat setiap tempat dan zaman.

    Sebelum Al-Quran dinuzulkan. Allah telah menurunkan :
    a. Kitab Zabur kepada Nabi Daud.
    b. Kitaab Taurat kepada Nabi Musa.
    c. Kitab Injil kepada Nabi ‘Isa.

    Al-Quran dinuzulkan dengan Bahasa Arab, keseluruhnya mempunyai sebanyak
    ( 1,012.000 ) huruf.
    ( 77,450 ) kalimat.
    ( 6666 ) ayat.
    ( 114 ) surat.

    Tempat turunnya di Makah dan Madinah dan ada yang diluar kedua kota tersebut.
    Al-Quran disbutkan sejak ( Khalifah yang ke . III Saidina Usman ra ). Dikerjakan kira-kira ( 5 ) tahun, diantara tahun ( 25 ) s/d ( 30 ) Hijriah, atau antara tahun ( 649 ) s/d ( 654 ) Masehi.

    Sejak pembukuan Al-Quran yang pertama itu hingga kini, walau telah tertulis beribu kali, disalin berjuta-juta kali, diterjemahkan beratus-ratus kali. Ia tetap tiada berubah, walaupun sebuah titik atau barisnya, apalagi kalimat dan ayat-ayatnya.

    Didalamnya ada Ayat Muhkamah dan ada Ayat Mutasyabihat.
    Ayat Muhkamah mempunyai arti-tujuan sebab yang tegas dan tepat.
    Ayat Mutasyabihat, disamping artinya yang leterlijk menghajatkan tahwil dan interpretatie.

    Dari kedua ayat diatas, disusunlah Ulumud dinil Islam(seluruh ilmu Agama Islam)Ulumud duniawi( seluruh ilu duniawi)dan Al-Ahkaam( hukum2 syar’i).
    Didalam Ulumud Diniil Islami itu diterangkan ilmu-ilmu sebagai berikut :

    a. Tauhid(ilmu kalam usuludiin)
    b. Usul Fiqih(Ibadat Munakahat Muamalat, dzinajat ).
    c. Tafsir, Adab, dan sebagainya.

    Didalam Ulumud duniawinya dilahirkan ilmu-ilmu sbb.:Nahu,Sharaf,(Gramatika)Bayan,Ma’ani, Badi’, Manthiq,(logika)Abadul mubahasah,Ilmu nafs(psychologie).Ilmu falaq,Dzu’rafia,(Ilmu bumi )Tarbiyah(Padagogie),dan yang lainnya.

    Dari Al-Ahkamnya, dilahirlah Ilmu Hukum perdata, pidana, publikarekh dan pripatirekh, seumpama(hadd),(qihas),(dijat),(kaffarat), denda meminta maaf,taubat dan lain-lain.

    Semenjak Rasulullah wafat, dilangsungkanlah pelaksanaan hukum-hukum Allah ini, hingga(7) abad lamanya menyinari dunia, hingga Sepanyol dan Mongol.

    Kemudian, setelah ada perpusingan nijat dihati sebagai pembesar2 yang bertanggung jawab dikala Eropa sudah bangun, maka ilmu-ilmu Islam dari gudang ( Al-Hambra ) di ( Cardiva ) dan ( Asia ) kecil jatuh ketangan Barat, kemudian Baratlah memajukan Ilmu Pengetahuan.

    Setelah penjajahan meliputi Afrika dan Asia, maka Al-Quran dialarang menafsirkannya kesegala ilmu hukum, maka tinggallah hanya bacaan belaka dengan
    lagu-lagunya, dan begitulah kebanyakan Umat Islam mengenal Kitab sucinya hanyalah lagunya dan bukunya belaka, tampa mengetahui isinya.

    Perbedaan Wahyu dengan Sunnah.

    Wahyu (Quran–kitabullah)berbeda dengan sunnah (Hadits),Wahyu ialah kabar penting yang mengandung perintah atau larangan yang disampaikan Allah secara rahasia kepada Rasulullah.

    Ada kalanya dengan perantara seorang Malaikat, dan ada kalanya langsung dari Allah SWT. sunnah (Hadits)ialah perkataan perbuatan atau Iqrar Rasulullah.jadi sunnah(Hadits)itu lafadz dan ma’nanya adalah dari Rasul.
    Perbedaan Sunnah dengan Ayat.

    Surat ialah suatu kumpulan Ayat yang sekurang-kurangnya(3)ayat dan sebanyak-banyaknya(286) Ayat,ialah surat Al-Baqarah.
    Ayat ialah kalimat yang tersusun kadang-kadang hanya(2)huruf sebagai Thahaa(Arabnya:Th dan Ha )dan kadang-kadang(145)kalimat,tertulis sampai(13) baris sebagai ayat ke(282)Suarat Al-Baqarah.
    Hubungan ayat dengan ayat dan surat dengan surat.

    Tiap-tiap ayat menpunyai kalimat, Hubungan dengan ayat lain, sebab diturunan, dan maksud diturunkan. Demikian pula antara Surat dengan Surat. Umpamanya Surat(Abu Lahab ),diturunkan sebab penghinaannya kepada Muhammad, maksudnya menginsyafkan manusia supaya jangan dengan(durhaka)dan mempunyai hubungan dengan Surat(Muddasir)dimana didalamnya ada Ayat proklamasi Islam yang berbunyi(Qum!Fa Anzir) artinya:Bangin Hai Muhammad!Nyatakan Islam!

    Bila dikaji ejahan kalimatnya maka disebutkan(Ilmu Tajwid).
    Bila dikaji asal-usul kalimatnya, maka disebut(ilmu Sharaf).
    Bila dikaji baris- hubungan kaliatnya, disebut(Ilmu Nahu).
    Bila dikaji bentuk-susunan kalimatnya disebut(Ilmu Bayan,Ma’ani).
    Bila dikaji Lafadz kalamnya disebutkan pula (Ilmu Adabul-Lughah ).
    Bila dikaji dari ma’na kalimatnya disebutkan (Ilmu Tafsir,Tahwil).
    Bila dikaji mafhum-ma’nanya dinamakan (Ilmu Tashauf,Usul Fiqih,Tauhid).
    Bila dikaji dari ma’nanya belaka lahirlah(Ilmu Syara’).
    seciologi,hukum,perkawinan,pusaka,higiene dan lain-lain.
    Bila dikaji dari mafhumnya belaka lahirlah. (filsafat).
    padagogi,metafisica,tatanegara,alam,bumi, logika dan lain-lain.


    Satu misal saja

    Firman:“ Dan gunung itu berlari sebagai angin “(Surat An Namal ayat – 88).Ayat ini menunjukkan bahwa bumi berputar, karena gunung tak bisa berlari kalu tempat tegaknya tidak begerak. Hal ini membuktikan bumi bulat. Gerakannya(301/2 Km) perdetik,lebih cepat dari pesawat udara, dan sama dengan angin. Dari pembahasan sepotong ayat diatas. Lahir Ilmu Alam, Ilmu Bumi,Ilmu Bingtang,Atmosfeer, stratosfeer,udara,zat udara,dan eberapa Allah menyusun bumi-NYA dan sebagainya..tamat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar