Rasulullah
صلى
الله عليه وسلم
telah menganjurkan untuk berpuasa pada hari-hari berikut ini:
1. Puasa Syawal
2 & 3. Puasa Arafah dan
Asyuro
4. Puasa di Bulan Muharram
5. Puasa di Bulan Sya'ban
6. Puasa Senin Kamis
7. Puasa 3 Hari Tiap Bulan
8. Puasa Dawud
9. Puasa di 9 Hari Awal
Dzulhijjah
1. Enam Hari di Bulan Syawwal 1
Abu
Ayyub al-Anshari رضي
الله عنه berkata:
bahwasanya Rasulullah صلى
الله عليه وسلم
bersabda:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ
شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
“Barangsiapa
berpuasa Ramadhan, kemudian dikuti dengan berpuasa enam hari di bulan Syawwal,
maka ia seperti berpuasa setahun."2
2.
Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2125)], Shahiih Muslim (II/822,
no. 11640), Sunan at-Tirmidzi (II/129, no. 756), Sunan Abi Dawud (VII/86, no.
2416), Sunan Ibni Majah (I/547, no. 1716)
2 dan 3. Hari ‘Arafah 1 bagi mereka yang
tidak menunaikan ibadah haji dan hari
'Asyura (hari kesepuluh dari bulan
Muharram) serta sehari sebelumnya (hari kesembilan).2
Diriwayatkan
dari Abu Qatadah رضي الله عنه, ia berkata,
سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ
عَرَفَةَ، فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ. وَسُئِلَ
عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ، فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَضِيَةَ
“Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah ditanya tentang puasa hari ‘Arafah,
beliau menjawab, ‘Ia menghapus dosa-dosa setahun yang lalu dan yang akan datang.’
Beliau juga ditanya tentang puasa hari 'Asyura, beliau menjawab, ‘Ia menghapus
dosa-dosa tahun lalu.”3
Dari Ummu al-Fadhl bintu al-Harits رضي الله عنهما bahwasanya ada beberapa orang yang ada di
dekatnya pada saat di ‘Arafah sedang berselisih tentang puasa Rasulullah صلى الله عليه وسلم di hari ‘Arafah. Ada sebagian mereka
berpendapat bahwa beliau berpuasa dan sebagian yang lain mengatakan beliau
tidak berpuasa, kemudian Rasulullah صلى الله عليه وسلم dibawakan segelas susu, saat itu beliau
berada di atas untanya di ‘Arafah, lalu beliau meminumnya.4
Diriwayatkan juga dari Abu Ghathfan bin Tharif al-Muri, ia
berkata, “Aku mendengar Ibnu ‘Abbas رضي الله عنهما berkata, ‘Ketika Rasulullah صلى الله عليه وسلم berpuasa ‘Asyura dan beliau menganjurkan
para Sahabat untuk berpuasa, mereka berkata, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya
ini adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.’ Kemudian
beliau bersabda, ‘Kalau begitu, pada tahun yang akan datang kita akan berpuasa
pada hari yang kesembilan (tasu’a) insya Allah.’ Ibnu ‘Abbas berkata, ‘Akan
tetapi belum sampai tahun depan, Rasulullah صلى الله عليه وسلم telah meninggal dunia.’” 5
1.
2. Tentang Asyuro dan Bulan Muharram silahkan baca :
3.
Shahih: [Irwaa-ul Ghaliil (no. 955)], Shahiih Muslim (II/818, no.
1162).
4. Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/236, no.
1988), Shahiih Muslim (II/791, no. 1123), Sunan Abu Dawud (VII/106, no. 2424).
5.
Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2136)], Shahiih Muslim (II/797,
no. 1134), Sunan Abu Dawud (VII/110, no. 2428
4. Puasa Pada Sebagian Besar Hari di Bulan
Muharram 1
Dari Abu Hurairah رضي الله عنه, ia berkata, “Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ
اللهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الفَرِيْضَةِ صَلاَةُ اللَيْلِ.
“Sebaik-baik puasa setelah puasa bulan Ramadhan adalah puasa
pada bulan Allah, bulan Muharram dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu
adalah shalat malam.” 2
1. Tentang Asyuro dan Bulan Muharram silahkan baca :
2.
Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2122)], Shahiih Muslim
(II/821, no. 1163), Sunan Abi Dawud (VII/82, no. 2412), Sunan an-Nasa-i
(III/206), Sunan at-Tirmidzi (I/274/436).
5. Puasa Pada Sebagian Besar Hari di Bulan
Sya’ban 1
فَمَا رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلا رَمَضَانَ، وَمَا رَأَيْتُهُ
أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِي شَعْبَانَ
Dari
‘Aisyah رضي الله عنهما, dia berkata, “Aku tidak pernah melihat
Rasulullah صلى الله عليه وسلم menyempurnakan puasa sebulan penuh kecuali
bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa dalam suatu bulan
lebih banyak daripada bulan Sya'ban.” 2
2.
Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/213,
no. 1969), Shahiih Muslim (II/810, no. 1156 (175)), Sunan Abi Dawud (VII/99,
no. 2417)
6. Hari Senin dan Kamis
Diriwayatkan dari Usamah bin Zaid رضي الله عنهما, dia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah صلى الله عليه وسلم selalu berpuasa pada hari Senin1 dan Kamis, manakala
beliau ditanya tentang hal tersebut, beliau menjawab:
إِنَّ أَعْمَالَ اْلعِبَادِ تُعْرَضُ يَوْمَ
الإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ
“Sesungguhnya amal-amal hamba dihadapkan (kepada Allah) pada
hari Senin dan Kamis."2
1. Dan ketika Rasulullah ditanya tentang puasa hari Senin, beliau
menjawab:
ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ, وَبُعِثْتُ فِيهِ, أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ
فِيهِ
"Ia adalah hari
kelahiranku, hari aku diutus, dan hari diturunkan al-Qur'an padaku." (HR.
Muslim)
Akan
disebutkan pula hadits dari Hunaidah bin Khalid pada point 9, dimana disebutkan
pula puasa senin dan Kamis.
2.
Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2127)], Sunan Abi Dawud
(VII/100, no. 2419)
7. Puasa Tiga Hari Dari Tiap Bulan (Hijriyyah)
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr رضي الله عنهما, dia berkata, “Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda kepadaku:
صُمْ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ،
فَإِنَّ الْحَسَنَةَ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا, وذَلِكَ مِثْلُ صِيَامِ الدَّهْرِ
“Puasalah
tiga hari dari tiap bulan. Sesungguhnya amal kebaikan itu ganjarannya sepuluh
kali lipat, sehingga ia seperti puasa sepanjang masa.” 1
Dan disunnahkan untuk menjadikan tiga hari tersebut hari ketiga
belas, empat belas, dan lima belas. Berdasarkan riwayat dari Abu Dzarr رضي الله عنه, dia berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
يَا أَبَا ذَرٍّ, إِذَا صُمْتَ مِنَ
الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَةَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ
وَخَمْسَ عَشْرَةَ
“Wahai
Abu Dzarr, jika engkau ingin puasa tiga hari dari suatu bulan, maka puasalah
pada hari ketiga belas, empat belas, dan lima belas."2
1. Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/220, no.
1976), Shahiih Muslim (II/812, no. 1159), Sunan Abu Dawud (VII/79, no. 2410),
tanpa kali-mat yang di tengah, Sunan an-Nasa-i (IV/211)
2.
Shahih: [Shahiih al-Jaami' ash-Shaghiir (no. 7817)], Sunan
at-Tirmidzi (II/130, no. 758), Sunan an-Nasa-i (IV/222)
8. Puasa Sehari dan Berbuka Sehari (Puasa Nabi
Dawud عليه السلام)
Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr رضي الله عنهما, bahwasanya Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
أَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللهِ صِيَامُ
دَاوُدَ كَانَ يَصُوْمُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا
“Puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa Nabi Dawud,1 beliau berpuasa sehari
dan berbuka sehari.” 2
1. Bukhari dan Muslim meriwayatkan:
أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرٍو رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ:
أُخْبِرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنِّي أَقُولُ
وَاللَّهِ لَأَصُومَنَّ النَّهَارَ وَلَأَقُومَنَّ اللَّيْلَ مَا عِشْتُ فَقَالَ
لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْتَ الَّذِي تَقُولُ
وَاللَّهِ لَأَصُومَنَّ النَّهَارَ وَلَأَقُومَنَّ اللَّيْلَ مَا عِشْتُ قُلْتُ
قَدْ قُلْتُهُ قَالَ إِنَّكَ لَا تَسْتَطِيعُ ذَلِكَ فَصُمْ وَأَفْطِرْ وَقُمْ
وَنَمْ وَصُمْ مِنْ الشَّهْرِ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فَإِنَّ الْحَسَنَةَ بِعَشْرِ
أَمْثَالِهَا وَذَلِكَ مِثْلُ صِيَامِ الدَّهْرِ فَقُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ
مِنْ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَصُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمَيْنِ
قَالَ قُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ قَالَ فَصُمْ يَوْمًا
وَأَفْطِرْ يَوْمًا وَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ وَهُوَ أَعْدَلُ الصِّيَامِ قُلْتُ
إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ لَا أَفْضَلَ مِنْ
ذَلِكَ
Bahwa 'Abdullah bin 'Amru رضي الله عنهما berkata; Disampaikan kabar kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم bahwa aku berkata; "Demi Allah, sungguh
aku akan berpuasa sepanjang hari dan sungguh aku akan shalat malam sepanjang
hidupku." Maka Rasulullah صلى الله عليه وسلم bertanya kepadanya ('Abdullah bin 'Amru):
"Benarkah kamu yang berkata; "Sungguh aku akan berpuasa sepanjang
hari dan sungguh aku pasti akan shalat malam sepanjang hidupku?". kujawab;
"Demi bapak dan ibuku sebagai tebusannya, sungguh aku memang telah mengatakannya".
Maka Beliau berkata: "Sungguh kamu pasti tidak akan sanggup
melaksanakannya. Akan tetapi berpuasalah dan berbukalah, shalat malam dan
tidurlah dan berpuasalah selama tiga hari dalam setiap bulan karena setiap
kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang serupa dan itu seperti puasa
sepanjang tahun." Aku katakan; "Sungguh aku mampu lebih dari itu,
wahai Rasulullah". Belau berkata: "Kalau begitu puasalah sehari dan
berbukalah selama dua hari". Aku katakan lagi: "Sungguh aku mampu
yang lebih dari itu". Beliau berkata: "Kalau begitu puasalah sehari
dan berbukalah sehari, yang demikian itu adalah puasa Nabi Allah Daud 'alaihi
salam yang merupakan puasa yang paling adil". Aku katakan lagi:
"Sungguh aku mampu yang lebih dari itu". Maka beliau bersabda:
"Tidak ada puasa yang lebih utama dari itu"
2. Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari III/16,
no. 1131), Shahiih Muslim (II/816, no. 1159 (189)), Sunan an-Nasa-i (III/214),
Sunan Abi Dawud (VII/117, no. 2431), Sunan Ibni Majah (I/546, no. 1712)
9. Hari Kesembilan Awal di Bulan Dzul Hijjah
1
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ تِسْعَ ذِي الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ
وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنْ الشَّهْرِ
وَالْخَمِيسَ
Diriwayatkan
dari Hunaidah bin Khalid, dari isterinya, dari sebagian isteri Nabi صلى الله عليه وسلم, dia berkata, “Rasulullah صلى الله عليه وسلم berpuasa pada hari kesembilan [awal] Dzul
Hijjah, hari 'Asyura, tiga hari dari setiap bulan, hari Senin pertama dari
suatu bulan dan hari Kamis.” 2
1. Rasulullah bersabda:
مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيْهَا أَحَبُّ إِلَي اللهِ
مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ يَعْنيِ أَيَّامَ الْعَشْرِ قَالُوْا: يَارَسُوْلَ اللهِ
وَلَا الْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ ؟ قَالَ: وَلَا الْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ
اللهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ
بِشَيْءٍ
"Tiada hari yang lebih di cintai Allah ta'ala untuk berbuat
suatu amalan yang baik dari pada hari-hari ini yaitu sepuluh hari Dzul Hijjah,
para sahabat bertanya," wahai Rasulullah, tidak pula dengan jihad fii sabilillah?
Rasulullah menjawab," tidak, tidak pula jihad fii sabilillah, kecuali jika
ia keluar dengan jiwa dan hartanya, kemudian ia tak kembali lagi" (HR.
Bukhari)
Keutamaan sepuluh hari awal
Dzulhijah berlaku untuk semua amal sholih, tidak terbatas pada amalan tertentu,
sehingga amalan tersebut bisa shalat, sedekah, puasa, membaca al-Qur’an, dan
amal sholih lainnya.
2.
Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2129)], Sunan Abi Dawud
(VII/102, no. 2420), Sunan an-Nasa-i (IV/220)
Hari-Hari
yang Dilarang untuk Berpuasa Padanya:
1. Dua
Hari Raya
2.
Hari-hari Tasyriq
3. Puasa
Hari Jum'at Saja
4. Puasa
Hari Sabtu Saja
5.
Pertengahan Kedua dari Bulan Sya’ban
6. Puasa
Pada Hari yang Meragukan
7. Puasa
Selamanya
8. Puasa
Istri Tanpa Izin Suami
1. Dua Hari Raya (‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha)
1
Dari Abu ‘Ubaid, budak yang dimerdekakan Ibnu Azhar, ia berkata,
“Aku merayakan hari ‘Id bersama ‘Umar bin al-Kaththab رضي الله عنه, kemudian dia (‘Umar) berkata:
هَذَانِ يَوْمَانِ نَهَى رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صِيَامِهِمَا يَوْمُ فِطْرِكُمْ
مِنْ صِيَامِكُمْ وَالْيَوْمُ الْآخَرُ تَأْكُلُونَ فِيهِ مِنْ نُسُكِكُمْ
“Ini adalah dua hari yang Rasulullah صلى الله عليه وسلم melarang kita untuk berpuasa padanya, hari
di mana kalian berbuka puasa dan hari yang lainnya, hari di mana kalian memakan
hewan kurban kalian." 2
1. Bukhari dan Muslim meriwayatkan:
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ
اَلْخُدْرِيِّ رضي الله عنه: أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم نَهَى
عَنْ صِيَامِ يَوْمَيْنِ: يَوْمِ اَلْفِطْرِ وَيَوْمِ اَلنَّحْرِ
Dari Abu Said Al-Khudry: “bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم melarang shaum pada dua hari, yakni hari raya
Fithri dan hari raya Kurban”
2. Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul
Baari) (IV/238/1990), Shahiih Muslim (II/799/1137), Sunan Abu Dawud
(VII/61/2399), Sunan at-Tirmidzi (II/135/769), Sunan Ibnu Majah (I/549/1722)
2. Hari Tasyriq 1
عَنْ أَبِي مُرَّةَ مَوْلَى أُمِّ
هَانِئٍ أَنَّهُ دَخَلَ مَعَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو عَلَى عَمْرِو بْنِ
الْعَاصِ فَقَرَّبَ إِلَيْهِمَا طَعَامًا فَقَالَ كُلْ فَقَالَ إِنِّي صَائِمٌ
فَقَالَ عَمْرٌو كُلْ فَهَذِهِ الْأَيَّامُ الَّتِي كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا بِإِفْطَارِهَا وَيَنْهَانَا عَنْ
صِيَامِهَا، قَالَ مَالِكٌ وَهِيَ أَيَّامُ التَّشْرِيقِ
Dari
Abu Murrah, budak yang dimerdekakan Ummu Hani’, bahwasanya dia bersama
‘Abdullah bin 'Amr رضي الله عنهما datang menemui ‘Amr bin al-‘Ash, lalu dia
menghidangkan makanan untuk mereka berdua, seraya berkata, “Makanlah!” Dia
menjawab, “Aku sedang puasa.” ‘Amr berkata, “Makanlah, sesungguhnya ini adalah
hari yang Rasulullah صلى الله عليه وسلم memerintahkan kami untuk berbuka dan
melarang kami berpuasa.” Malik berkata, “Hari itu adalah hari Tasyriq.” 2
عَنْ عَائِشَةَ وَابْنِ عُمَرَ
رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمْ قَالَا: لَمْ يُرَخَّصْ فِي أَيَّامِ اَلتَّشْرِيقِ أَنْ
يُصَمْنَ إِلَّا لِمَنْ لَمْ يَجِدِ اَلْهَدْيَ
Dan
diriwayatkan dari ‘Aisyah dan Ibnu ‘Umar رضي الله عنهم, mereka berdua mengatakan, “Tidak
diizinkan berpuasa pada hari-hari tasyriq, kecuali orang yang tidak mendapatkan
hewan kurban (di Mina saat ibadah haji).” 3
1.
Hari Tasyriq adalah hari setelah hari Idul Adha, dan para ulama
telah berselisih pendapat apakah dia dua hari atau tiga hari. Sebab penamaan
hari tasyriq, karena daging hewan kurban dibentangkan di bawah terik matahari,
ada yang mengatakan hal ini disebabkan karena hewan kurban tidak disembelih
kecuali setelah matahari terbit, yang lain mengatakan ini disebabkan karena
shalat Idul Adha dilakukan di saat terbitnya matahari, dan ada yang mengatakan,
at-Tasyriq adalah takbir yang dilakukan setiap selesai shalat. (Fat-hul
Baari IV hal. 285)
2.
Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 2113)], Sunan Abi Dawud
(VII/63, no. 2401)
3.
Shahih: [Mukhtashar Shahiih al-Bukhari (no. 978)], Shahiih
al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/242, no. 1997)
3. Puasa Hari Jum'at Saja
1
Telah diriwayatkan dari Abu Hurairah رضي الله عنه, dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
لاَ تَصُوْمَنَّ أَحَدُكُمْ يَوْمَ
الْجُمُعَةِ إِلاَّ يَوْمًا قَبْلَهُ أَوْ بَعْدَهُ
“Janganlah seorang di antara kalian berpuasa pada hari Jum'at,
kecuali ia berpuasa sehari sebelumnya atau sesudahnya.” 2
1.
Terdapat hadits yang melarang mengkhususkan hari Jum’at, Rasulullah
bersabda:
لَا تَخْتَصُّوا لَيْلَةَ اَلْجُمُعَةِ
بِقِيَامٍ مِنْ بَيْنِ اَللَّيَالِي, وَلَا تَخْتَصُّوا يَوْمَ اَلْجُمُعَةِ
بِصِيَامٍ مِنْ بَيْنِ اَلْأَيَّامِ, إِلَّا أَنْ يَكُونَ فِي صَوْمٍ يَصُومُهُ
أَحَدُكُمْ
“Janganlah mengkhususkan malam Jum'at untuk bangun beribadah
dibanding malam-malam lainnya dan janganlah mengkhususkan hari Jum'at untuk
shaum dibanding hari-hari yang lainnya, kecuali jika seseorang di antara kamu
sudah terbiasa shaum.” (HR. Muslim)
Adapun tuntunan Rasulullah صلى الله عليه
وسلم pada hari Jum’at silahkan
baca Sunnah-sunnah di
Hari Jum’at.
2.
Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/232,
no. 1985), Shahiih Muslim (II/801, no. 1144), Sunan Abu Dawud (VII/64, no.
6403), Sunan at-Tirmidzi (II/123, no. 740)
4. Puasa Hari Sabtu Saja
Berdasarkan riwayat dari ‘Abdullah bin Busr as-Sulami رضي الله عنه, dari saudarinya, ash-Shamma رضي الله عنهما, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa alam
telah bersabda:
لاَ تَصُوْمُوا يَوْمَ السَّبْتِ
إِلاَّ فِيْمَا افْتُرِضَ عَلَيْكُمْ, وَ إِنْ لَمْ يَجِدْ أَحَدُكُمْ إِلاَّ
لِحَاءَ عِنَبٍ أَوْ عُوْدَ شَجَرَةٍ فَلْيَمْضُغْهَا
“Janganlah
kalian berpuasa pada hari Sabtu, kecuali yang telah diwajibkan atas kalian.
Jika salah seorang di antara kalian tidak mendapatkan (makanan untuk berbuka)
kecuali kulit anggur atau ranting pohon, maka hendaklah ia mengunyahnya.” 1
1.
Shahih: [Shahiih Sunan Abu Dawud (no. 2116)], Sunan Abi Dawud
(VII/66, no. 2404), Sunan at-Tirmidzi (II/123, no. 741), Sunan Ibni Majah
(I/550, no. 1726)
5. Pertengahan Kedua dari Bulan Sya’ban bagi
mereka yang tidak mempunyai kebiasaan berpuasa
Diriwayatkan dari Abu Hurairah رضي الله عنه bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
إِذَا انْتَصَفَ شَعْبَانُ فَلاَ
تَصُوْمُوْا
“Jika telah sampai pertengahan bulan Sya'ban, maka janganlah
kalian berpuasa.” 1
Juga dari Abu Hurairah رضي الله عنه, diriwayatkan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
لاَ يَتَقَدَّمَنَّ أَحَدُكُمْ
رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ أَوْ يَوْمَيْنِ إِلاَّ أَنْ يَكُوْنَ رَجُلٌ كَانَ
يَصُوْمُ صَوْمَهُ فَلْيَصُمْ ذَلِكَ الْيَوْمَ
“Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian mendahului
Ramadhan dengan puasa satu atau dua hari sebelumnya, kecuali jika orang itu
tengah mengerjakan suatu puasa yang biasa dilakukan, maka hendaklah ia puasa
pada hari itu.” 2
1.
Shahih: [Shahiih Sunan Ibni Majah (no. 1339)], Sunan Abi Dawud
(VI/460, no. 2320), Sunan at-Tirmidzi (II/121, no. 735), Sunan Ibni Majah
(I/528, no. 1651) dengan lafazh yang mirip.
2.
Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/127,
no. 1914), Shahiih Muslim (II/762, no. 1082), Sunan Abi Dawud (VI/459, no.
2318), Sunan at-Tirmidzi (II/97, no. 680), Sunan an-Nasa-i (IV/149), Sunan Ibni
Majah (I/528, no. 1650)
6. Puasa Pada Hari yang Meragukan
Dari
'Ammar bin Yasir رضي الله عنه, dia berkata:
مَنْ صَامَ اَلْيَوْمَ اَلَّذِي
يُشَكُّ فِيهِ فَقَدْ عَصَى أَبَا اَلْقَاسِمِ صلى الله عليه وسلم
“Barangsiapa
yang berpuasa pada hari yang meragukan berarti dia telah mendurhakai Abul Qasim
(Rasulullah صلى الله عليه وسلم).” 1
1.
Shahih: [Irwaa-ul Ghaliil (no. 961)], Sunan at-Tirmidzi (II/97, no.
681), Sunan Abu Dawud (VI/457, no. 2317), Sunan an-Nasa-i (IV/153), Sunan Ibni
Majah (I/527, no. 1645)
7. Puasa Selamanya, walaupun dia berbuka pada hari-hari yang terlarang untuk
berpuasa.
Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr رضي الله عنهما, ia berkata, “Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
يَا عَبْدَ اللهِ بْنَ عَمْرٍو!
إِنَّكَ لَتَصُوْمُ الدَّهْرَ وَتَقُوْمُ اللَّيْلَ, وَإِنَّكَ إِذَا فَعَلْتَ
ذَلِكَ هَجَمْتَ لَهُ الْعَيْنَ وَنَهَكْتَ, لاَ صَامَ مَنْ صَامَ اْلأَبَدَ
“Wahai ‘Abdullah bin ‘Amr, sesungguhnya engkau selalu berpuasa
sepanjang hari (selamanya) dan bangun malam. Jika engkau terus melakukannya,
maka engkau telah menjadikan matamu cekung serta menyiksa dirimu. Tidak ada
puasa bagi orang yang puasa selamanya.” 1
Juga diriwayatkan dari Abu Qatadah, bahwasanya ada seorang
laki-laki datang kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم seraya bertanya, “Ya Rasulullah صلى الله عليه وسلم bagaimana cara engkau berpuasa?”
Rasulullah صلى الله عليه وسلم marah mendengar perkataan tersebut dan
manakala ‘Umar melihat hal itu, ia berkata, “Kami ridha Allah sebagai Rabb
kami, Islam sebagai agama kami, dan Muhammad sebagai Nabi kami. Kami berlindung
kepada Allah dari murka-Nya dan murka Rasul-Nya.” Dia terus mengulang perkataan
itu sampai Rasulullah صلى الله عليه وسلم berhenti marah, kemudian ia bertanya,
“Wahai Rasulullah صلى الله عليه وسلم bagaimana dengan orang yang berpuasa selamanya?”
Beliau bersabda:
لاَ صَامَ وَلاَ أَفْطَرَ
“Dia tidak berpuasa dan tidak berbuka.” 2
1.
Muttafaq 'alaihi: Shahiih Muslim (II/815, no. 1159 (187)), Shahiih
al-Bukhari (Fat-hul Baari IV/224, no. 1979)
2.
Shahih: [Shahiih Sunan Abi Dawud, no. 2119], Shahiih Muslim (II/818,
no. 1162), Sunan Abu Dawud (VII/75, no. 2408), Sunan an-Nasa-i (IV/207)
8. Larangan Berpuasa Bagi Seorang Isteri Jika
Suaminya Ada (di Rumah) Kecuali dengan Izinnya
Berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah رضي الله عنه, dia berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
لاَ تَصُمِ الْمَرْأَةُ وَبَعْلُهَا
شَاهِدٌ إِلاَّ بِإِذْنِهِ
“Tidak
dibolehkan seorang isteri berpuasa di saat suaminya di rumah, kecuali dengan
izinnya.” 1
1.
Muttafaq 'alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari IX/293, no.
5192), Shahiih Muslim (II/711, no. 1026), Sunan Abu Dawud (VII/128, no. 2141),
Sunan at-Tir-midzi (II/140, no. 779), Sunan Ibnu Majah (I/560, no. 1761) dengan
tambahan.
Ketentuan dalam Melakukan Puasa Sunnah
1
Pertama: Boleh berniat puasa
sunnah setelah terbit fajar jika belum makan, minum dan selama tidak melakukan
hal-hal yang membatalkan puasa. Berbeda dengan puasa wajib maka niatnya harus
dilakukan sebelum fajar.
Dari ‘Aisyah رضي الله عنها, ia berkata:
دَخَلَ عَلَيَّ رَسُوْلُ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ: هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ ؟
فَقُلْنَا: لا. قَالَ: فَإِنِى إِذًا صَائِمٌ، ثُمَّ أَتَانَا يَوْمًا آخَر.
فَقُلْنَا: يَا رَسُوْلَ اللهِ أُهْدِيَ لَنَا حَيْسٌ . فَقَالَ: أَرينيْهِ،
فَلَقَدْ أَصْبَحْتُ صَائِمًا، فَأَكَلَ.
“Pada suatu hari, Nabi صلى الله عليه وسلم menemuiku dan bertanya, “Apakah kamu
mempunyai makanan?” Kami menjawab, “Tidak ada.” Beliau berkata, “Kalau begitu,
saya akan berpuasa.” Kemudian beliau datang lagi pada hari yang lain dan kami
berkata, “Wahai Rasulullah, kita telah diberi hadiah berupa Hais (makanan yang
terbuat dari kura, samin dan keju).” Maka beliau pun berkata, “Bawalah kemari,
sesungguhnya dari tadi pagi tadi aku berpuasa.” (HR. Muslim no. 1154).
An Nawawi رحمه الله memberi
judul dalam Shahih Muslim, “Bab: Bolehnya melakukan puasa sunnah dengan niat di
siang hari sebelum waktu zawal (bergesernya matahari ke barat) dan bolehnya
membatalkan puasa sunnah meskipun tanpa udzur. ”
Kedua: Boleh menyempurnakan
atau membatalkan puasa sunnah. Dalilnya adalah hadits ‘Aisyah diatas. Puasa
sunnah merupakan pilihan bagi seseorang ketika ia ingin memulainya, begitu pula
ketika ia ingin meneruskan puasanya. Inilah pendapat dari sekelompok sahabat,
pendapat Imam Ahmad, Ishaq, dan selainnya. Akan tetapi mereka semua, termasuk
juga Imam Asy Syafi’i bersepakat bahwa disunnahkan untuk tetap menyempurnakan
puasa tersebut.2
Ketiga: Seorang istri tidak
boleh berpuasa sunnah sedangkan suaminya bersamanya kecuali dengan seizin
suaminya.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah صلى الله
عليه وسلم
bersabda,
لاَ تَصُمِ الْمَرْأَةُ وَبَعْلُهَا
شَاهِدٌ إِلاَّ بِإِذْنِهِ
“Janganlah seorang wanita berpuasa sedangkan suaminya ada
kecuali dengan seizinnya.” (HR. Bukhari no. 5192 dan Muslim no. 1026)
Imam An Nawawi رحمه الله menjelaskan, “Yang dimaksudkan dalam
hadits tersebut adalah puasa sunnah yang tidak terikat dengan waktu tertentu.
Larangan yang dimaksudkan dalam hadits di atas adalah larangan haram,
sebagaimana ditegaskan oleh para ulama Syafi’iyah. Sebab pengharaman tersebut
karena suami memiliki hak untuk bersenang-senang dengan istrinya setiap
harinya. Hak suami ini wajib ditunaikan dengan segera oleh istri. Dan tidak
bisa hak tersebut terhalang dipenuhi gara-gara si istri melakukan puasa sunnah
atau puasa wajib yang sebenarnya bisa diakhirkan.” 3
Beliauرحمه الله menjelaskan pula, “Adapun jika si suami
bersafar, maka si istri boleh berpuasa. Karena ketika suami tidak ada di sisi
istri, ia tidak mungkin bisa bersenang-senang dengannya.”4
1.
Bab ini dikutip dari tulisan Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal di muslim.or.id.
2.
Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 8/35
3.
Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 7/115
4.
Idem
Tidak ada komentar:
Posting Komentar