Jumat, 21 Februari 2020

Hadits Dhoif Dan Maudhu' Seputar Muharram


Berikut beberapa Hadits Dhoif dan Palsu yang populer di masyarakat
1- Hadits hari ‘Asyura’ adalah hari berpuasanya para Nabi ‘Alaihimussalam.
 
حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ، عَنِ الْهَجَرِيِّ، عَنْ أَبِي عِيَاضٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” صُومُوا يَوْمَ عَاشُورَاءَ يَوْمٌ كَانَتْ تَصُومُهُ الْأَنْبِيَاءُ فَصُومُوهُ أَنْتُمْ “
 
Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Ghiyaats, dari Al-Hajariy, dari Abu ‘Iyaadh, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Berpuasalah pada hari ‘Asyura’ karena hari itu adalah hari berpuasanya para Nabi, maka berpuasalah kalian.”

[Mushannaf Ibnu Abi Syaibah no. 9440]
Diriwayatkan pula oleh Yahyaa bin Al-Husain Al-Jurjaaniy (Amaaliy no. 1802); Al-Bazzaar sebagaimana disebutkan oleh Al-Haitsamiy dalam Kasyful Astaar no. 1042, semua dari jalan Al-Hajariy, dari Abu ‘Iyaadh, dari Abu Hurairah secara marfuu’.
Sanad hadits ini dha’if.
Al-Haafizh Abul ‘Abbaas Al-Buushiiriy rahimahullah berkata,
 
رواه أبو بكر بن أبي شيبة بسند ضعيف لضعف إبراهيم الهجري
 
Abu Bakr bin Abi Syaibah meriwayatkannya dengan sanad dha’iif bersama kelemahan Ibraahiim Al-Hajariy. [Ittihaaf Al-Khairah 3/421]
Yang benar pada bab ini adalah tidak ada keterangan yang jelas bahwa hari ‘Asyura’ adalah hari puasanya para Nabi ‘Alaihimussalaam, namun telah shahih dalam Ash-Shahiihain hadits yang menyebutkan bahwa hari ‘Asyura’ adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi karena pada hari itu Allah Ta’ala menyelamatkan Nabi Muusaa ‘Alaihissalaam berikut bani Israa’iil, dan Allah Ta’ala menenggelamkan Fir’aun dan kaumnya, oleh karena itu Nabi Muusaa pun berpuasa pada hari itu sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Ta’ala dan diikuti oleh Yahudi hingga masa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam kemudian Nabi berniat menyelisihi mereka dengan berpuasa sehari sebelumnya namun beliau keburu wafat sebelum melaksanakannya.
2- Hadits berpuasa sembilan hari di awal bulan Muharram
 
أَنْبَأَنَا ظَفْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْهَمْدَانِيُّ، أَنْبَأَنَا أَبُو رَجَاءٍ حَمْدُ بْنُ أَحْمَدَ التَّاجِرُ، حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْفَضْلِ، حَدَّثَنَا أَبُو زَيْدٍ خَالِدُ بْنُ النَّضْرِ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَبَّادٍ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ حَبِيبٍ، عَنْ مُوسَى الطَّوِيلِ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ صَامَ تِسْعَةَ أَيَّامٍ مِنْ أَوَّلِ الْمُحَرَّمِ بَنَى اللَّهُ لَهُ قُبَّةً فِي الْهَوَى مِيلا فِي مِيلٍ لَهَا أَرْبَعَةُ أَبْوَابٍ “
 
Telah memberitakan kepada kami Zhafar bin ‘Aliy Al-Hamdaaniy, telah memberitakan kepada kami Abu Rajaa’ Hamd bin Ahmad At-Taajir, telah menceritakan kepada kami Abu Nu’aim Ahmad bin ‘Abdullaah Al-Haafizh, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdurrahman bin Al-Fadhl, telah menceritakan kepada kami Abu Zaid Khaalid bin An-Nadhr, telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin ‘Abbaad, telah menceritakan kepada kami Sufyaan bin Habiib, dari Muusaa Ath-Thawiil, dari Anas bin Maalik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa sembilan hari dari awal bulan Muharram, Allah akan membangun untuknya sebuah kubah di udara seluas satu mil kali satu mil, padanya terdapat empat pintu.”
[Al-Maudhuu’at 2/199]
Hadits palsu, dengan Ibnul Jauziy yang berkata,
 
هَذَا حديث موضوع عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم، ابْنُ حِبَّانَ: مُوسَى الطَّوِيل يروي عَنْ أَنَس أشياء موضوعة لا يحل كتبها إِلا على التعجب
 
“Hadits ini palsu atas nama Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam, Ibnu Hibbaan berkata, “Muusaa Ath-Thawii meriwayatkan perkataan-perkataan palsu dari Anas, tidak halal mencatatnya kecuali untuk mengingkarinya.”
Al-Imam Asy-Syaukaaniy berkata,
 
رَوَاهُ أَبُو نُعَيْمٍ، عَنْ أَنَسٍ، مَرْفُوعًا، وَهُوَ مَوْضُوع. آفَتُهُ: مُوسَى الطَّوِيلُ
 
“Abu Nu’aim meriwayatkannya dari Anas secara marfuu’, dan ia hadits palsu. Cacat ada pada Muusaa Ath-Thawiil.” [Al-Fawaa’id Al-Majmuu’ah 1/81]
Begitu pula para imam semisal Ibnu ‘Iraaq Al-Kinaaniy (Tanziihusy Syarii’ah 2/148), As-Suyuuthiy (Al-La’aali’ 2/108) dan Al-Fataniy (Tadzkiratul Maudhuu’at no. 784) sepakat akan kepalsuan hadits ini.
3- Hadits barangsiapa shalat di hari ‘Asyura’ antara Zhuhur dan Ashar sebanyak 40 raka’at
 
أَنْبَأَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ الطَّيِّبِيُّ، أَنْبَأَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، أَنْبَأَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ جَعْفَرٍ، أَنْبَأَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ كَلالَةَ، حَدَّثَنَا أَبُو الْقَاسِمِ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ، حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ نَصْرِ بْنِ عَلِيٍّ الرَّازِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ النَّهْرَوَانِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَهْلٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ صَلَّى يَوْمَ عَاشُورَاءَ مَا بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ أَرْبَعِينَ رَكْعَةً، يَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ مَرَّةً، وَآيَةِ الْكُرْسِيِّ عَشْرَ مَرَّاتٍ، وَ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ إِحْدَى عَشْرَةَ مَرَّةً، وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ خَمْسَ مَرَّاتٍ، فَإِذَا سَلَّمَ اسْتَغْفَرَ سَبْعِينَ مَرَّةً، أَعْطَاهُ اللَّهُ فِي الْفِرْدَوْسِ قُبَّةً بَيْضَاءَ فِيهَا بَيْتٌ مِنْ زُمُرُّدَةَ خَضْرَاءَ، سَعَةُ ذَلِكَ الْبَيْتِ مثل الدُّنْيَا ثَلاثَ مَرَّاتٍ، وَفِي ذَلِكَ الْبَيْتِ سَرِيرٌ مِنْ نُورٍ، قَوَائِمُ السَّرِيرِ مِنَ الْعَنْبَرِ الأَشْهَبِ، عَلَى ذَلِكَ السَّرِيرِ أَلْفَا فِرَاشٍ مِنَ الزَّعْفَرَانِ “
 
Telah memberitakan kepada kami Ibraahiim bin Muhammad Ath-Thayyibiy, telah memberitakan kepada kami Al-Husain bin Ibraahiim, telah memberitakan kepada kami Al-Hasan bin ‘Aliy bin Ja’far, telah memberitakan kepada kami ‘Abdullaah bin ‘Ubaidillaah bin Kalaalah, telah menceritakan kepada kami Abul Qaasim ‘Abdullaah bin Ahmad, telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Nashr bin ‘Aliy Ar-Raaziy, telah menceritakan kepada kami Abu ‘Abdullaah Muhammad bin Ibraahiim, telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillaah An-Nahrawaaniy, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Sahl, dari Ayahnya, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa shalat pada hari ‘Asyura’ pada waktu yang terdapat di antara Zhuhur dan ‘Ashr sebanyak empat puluh raka’at, membaca di tiap raka’atnya surat Al-Faatihah sekali, ayat Kursi sepuluh kali, Qul huwallaahu ahad sebelas kali, Al-Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Naas) lima kali, dan jika salam beristighfar sebanyak tujuh puluh kali, maka Allah akan mengkaruniakannya surga Firdaus yang kubahnya berwarna putih, didalamnya terdapat sebuah rumah terbuat dari batu-batu zamrud berwarna hijau, ruangan dalam rumah tersebut semisal tiga kali lipat luasanya dibanding luas dunia, dan didalam rumah tersebut terdapat ranjang yang terbuat dari cahaya, tiang-tiang ranjang tersebut terbuat dari batu amber berwarna kelabu, diatas ranjang tersebut terdapat seribu kasur terbuat dari za’faran.”
[Al-Maudhuu’at 1/122]
Hadits palsu dengan tanpa keraguan.
Berkata Al-Imam Ibnul Jauziy rahimahullah didalamnya,
 
وذكر حديثا طويلا من هَذَا الجنس. هَذَا حديث موضوع. وكلمات الرَّسُول عَلَيْهِ السَّلامُ منزهة عَنْ مثل هَذَا التخليط. والرواة مجاهيل. والمتهم بِهِ الْحُسَيْن
 
“Disebutkan hadits panjang yang bersumber dari sini, ini adalah hadits palsu. Kalimat-kalimat Rasul ‘Alaihissalaam jauh lebih mulia dari bercampur dengan perkataan-perkataan semacam ini, periwayat-periwayatnya adalah orang-orang majhuul, dan Al-Husain (bin Ibraahiim) adalah orang tertuduh (membuat kedustaan) di dalamnya.”
Al-Haafizh As-Suyuuthiy rahimahullah berkata,
 
مَوْضُوع منْ هَذَا، ورواته مجاهيل
 
“Maudhuu’ dari sini dan para periwayatnya adalah orang-orang majhuul.” [Al-La’aali’ Al-Mashnuu’ah 2/54]
Al-Imam Al-Laknawiy rahimahullah berkata,
 
أَخْرَجَهُ ابْنُ الْجَوْزِيِّ بِسَنَدِهِ، وَقَالَ: ذَكَرَ حَدِيثًا طَوِيلا مِنْ هَذَا الْجَنْسِ، وَهُوَ مَوْضُوعٌ وَرِوَاتُهُ مَجَاهِيلُ انْتَهَى. وَأَقَرَّهُ عَلَيْهِ السُّيُوطِيُّ، وَقَالَ ابْنُ عِرَاقٍ فِي تَنْزِيهِ الشَّرِيعَةِ: أَخْرَجَهُ الْجَوْزَقَانِيُّ مِنْ حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ، وَهُوَ أَطْوَلُ مِنْ هَذَا وَكُلُّهُ مِنْ هَذَا الْجِنْسِ، وَرِوَاتُهُ مَجَاهِيلُ انْتَهَى
 
“Dikeluarkan oleh Ibnul Jauziy dengan sanadnya, dan ia berkata, “Menyebutkan hadits panjang yang bersumber dari sini, dan ia hadits maudhuu’, para periwayatnya adalah orang-orang majhuul. Selesai.” Dan disetujui As-Suyuuthiy. Ibnu ‘Iraaq berkata dalam Tanziihusy Syarii’ah, “Dikeluarkan oleh Al-Jauraqaaniy dari hadits Abu Hurairah dan ia lebih panjang dari hadits ini, semua bersumber dari sini, para periwayatnya adalah orang-orang majhuul. Selesai.” [Al-Atsaar Al-Marfuu’ah fiy Al-Akhbaar Al-Maudhuu’ah 1/90]
Al-Haafizh Adz-Dzahabiy (Tartiib Al-Maudhuu’at no. 500), Al-Haafizh Ibnu ‘Iraaq Al-Kinaaniy (Tanziihusy Syarii’ah 2/89), Al-Haafizh Al-Fataniy (Tadzkiratul Maudhuu’at no. 264), semua sepakat akan kepalsuan hadits ini dan kemajhuulan para perawinya.
4- Hadits, “Barangsiapa yang menghidupkan malam ‘Asyura’…,”
 
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ نَاصِرٍ، أَنْبَأَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ قُرَيْشٍ، أَنْبَأَنَا الْعُشَارِيُّ، أَنْبَأَنَا أَبُو بَكْر النُّوشَرِيُّ، حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ سَلْمَانَ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ الْحَرْبِيُّ، حَدَّثَنَا سريج بن النعمان، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي الزِّنَادِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ الأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ أَحْيَا لَيْلَةَ عَاشُورَاءَ فَكَأَنَّمَا عَبَدَ اللَّهَ تَعَالَى بِمِثْلِ عِبَادَةِ أَهْلِ السَّمَوَاتِ، وَمَنْ صَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ، يَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ الْحَمْدُ مَرَّةً، وَخَمْسِينَ مَرَّةً قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ، غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ذُنُوُبَ خَمْسِينَ عَامًا مَاضِيًا، وَخَمْسِينَ عَامًا مُسْتَقْبَلا، وَبَنَى لَهُ فِي المثل الأَعْلَى أَلْفَ أَلْفِ مِنْبَرٍ مِنْ نُورٍ “
 
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Naashir, telah memberitakan kepada kami Ahmad bin Al-Husain bin Quraisy, telah memberitakan kepada kami Al-‘Usyaariy, telah memberitakan kepada kami Abu Bakr An-Nuusyariy, telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Salmaan, telah menceritakan kepada kami Ibraahiim Al-Harbiy, telah menceritakan kepada kami Suraij bin An-Nu’maan, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Az-Zinaad, dari Ayahnya, dari Al-A’raj, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang menghidupkan malam ‘Asyura’ maka dia sesungguhnya seperti seorang hamba Allah Ta’ala yang beribadah bagaikan para penduduk langit, dan barangsiapa yang shalat empat raka’at, didalam tiap raka’atnya ia membaca Alhamdu (Al-Fatihah) sekali dan Qul huwallaahu ahad (Al-Ikhlaash) lima puluh kali, Allah akan mengampuni dosa-dosanya sebanyak lima puluh tahun yang lampau dan lima puluh tahun yang akan datang, dan Allah akan membangun untuknya semisal ribuan-ribuan mimbar dari cahaya di tempat tertinggi.”
[Al-Maudhuu’at 1/122]
Al-Imam Ibnul Jauziy berkata,
 
هَذَا حديث لا يصح عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أدخل على بعض المتأخرين مِنْ أَهْلِ الغفلة، على أن عَبْد الرَّحْمَنِ بْن أَبِي الزِّنَادِ مجروح. قَالَ أَحْمَد: هُوَ مضطرب الحديث، وَقَالَ يَحْيَى: لا يحتج بِهِ
 
“Hadits ini tidak shahih dari Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam, (hadits ini) masuk pada beberapa muta’akhirin yang tergolong orang-orang lalai, bahwa ‘Abdurrahman bin Abu Az-Zinaad majruuh, Ahmad berkata, “Dia mudhtharibul hadits,” dan Yahyaa berkata, “Tidak boleh dijadikan hujjah.”
5- Hadits bulan Ramadhan dan hari ‘Asyura’ yang paling utama untuk berpuasa.
 
حَدَّثَنَا يُوسُفُ الْقَاضِي، وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، قالا: ثنا عَبْدُ الأَعْلَى بْنُ حَمَّادٍ النَّرْسِيُّ، ثنا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْوَرْدِ، عَنِ ابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي يَزِيدَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” لَيْسَ لِيَوْمٍ فَضْلٌ عَلَى يَوْمٍ فِي الصِّيَامِ إِلا شَهْرَ رَمَضَانَ، وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ “
 
Telah menceritakan kepada kami Yuusuf Al-Qaadhiy dan ‘Abdullaah bin Ahmad bin Hanbal, keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul A’laa bin Hammaad An-Narsiy, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Jabbaar bin Al-Ward, dari Ibnu Abi Mulaikah, dari ‘Ubaidullaah bin Abu Yaziid, dari Ibnu ‘Abbaas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada hari yang mempunyai keutamaan dalam berpuasa kecuali bulan Ramadhan dan hari ‘Asyura’.”
[Mu’jam Al-Kabiir 11253]
Diriwayatkan pula oleh Abu Ya’laa Al-Maushiliy (Mu’jam Abu Ya’laa no. 253); Abu Sa’iid An-Naqqaasy (Fawaa’id Al-‘Iraaqiyyiin no. 99); Yahyaa bin Al-Husain Al-Jurjaaniy (Al-Amaaliy no. 865, 1813); Ath-Thabariy (Tahdziibul Atsaar no. 649); Al-Baihaqiy (Syu’abul Iimaan no. 3780); Ath-Thahaawiy (Syarhu Ma’aanil Atsaar no. 2114), semua dari jalan ‘Abdul Jabbaar bin Al-Ward, dari Ibnu Abi Mulaikah, dari Ibnu Abi Yaziid, dari Ibnu ‘Abbaas secara marfuu’.
Al-Haafizh Adz-Dzahabiy berkata,
 
هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ فِيهِ نَكَارَةٌ، وَابْنُ الْوَرْدِ صَدُوقٌ، وَهُوَ أَخُوهُ وُهَيْبٌ الزَّاهِدُ
 
“Ini hadits ghariib, didalamnya terdapat sesuatu yang diingkari. Ibnul Ward shaduuq dan dia saudaranya Wuhaib Az-Zaahid.” [Siyaru A’laam An-Nubalaa’ 17/52]
6- Hadits berqurban hingga hilal Muharram.
 
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ، حَدَّثَنَا أَبَانُ، حَدَّثَنَا عَنْ يَحْيَى، أَنَّ مُحَمَّدَ بْنَ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَهُ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، وَسُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ، أَنَّهُ بَلَغَهُمَا، أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ” الأَضَاحِيُّ إِلَى هِلالِ الْمُحَرَّمِ، لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يَسْتَأْنِيَ ذَلِكَ “
 
Telah menceritakan kepada kami Muusaa bin Ismaa’iil, telah menceritakan kepada kami Abaan, telah menceritakan kepada kami dari Yahyaa, bahwasanya Muhammad bin Ibraahiim telah menceritakan kepadanya, dari Abu Salamah bin ‘Abdurrahman dan Sulaimaan bin Yasaar, bahwa keduanya menyampaikan kepadanya, Nabiyullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Berqurbanlah hingga terlihat hilal Muharram, bagi mereka yang menyukai untuk menundanya.”
[Al-Maraasiil li Abi Daawuud no. 377]
Diriwayatkan pula oleh Ad-Daaruquthniy (Sunan no. 4697); Al-Baihaqiy (As-Sunan Al-Kubraa 9/296), semua dari jalan Abaan, dari Yahyaa bin Abi Katsiir, dari Muhammad bin Ibraahiim, dari Abu Salamah dan Sulaimaan bin Yasaar, dari Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam.
Dan hadits ini mursal, para perawinya adalah orang-orang yang tsiqah. Adapun Abu Salamah dan Sulaimaan bin Yasaar, mereka berdua adalah tabi’in dan jelas mereka tidak pernah bertemu Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam sehingga jelaslah keterputusannya
7- Hadits panjang mengenai mengusap kepala anak yatim pada hari ‘Asyura’.
حَدَّثَنَا الْحَاكِمُ أَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ الْحُسَيْنِ السَّرْدَرِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو جَعْفَرٍ أَحْمَدُ بْنُ حَاتِمَ، حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ جُنْدُبَ، عَنْ حَامِدِ بْنِ آدَمَ، عَنْ حَبِيبِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ الصَّائِغِ، عَنْ مَيْمُونِ بْنِ مِهْرَانَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُمَا، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ مِنَ الْمُحَرَّمِ أَعْطَاهُ اللَّهُ تَعَالَى ثَوَابَ عَشْرَةِ آلافِ مَلَكٍ، وَمَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ مِنَ الْمُحَرَّمِ أُعْطِيَ ثَوَابَ عَشْرَةِ آلَافِ حَاجٍّ وَمُعْتَمِرٍ وَعَشْرَةِ آلافِ شَهِيدٍ، وَمَنْ مَسَحَ يَدَهُ عَلَى رَأْسِ يَتِيمٍ يَوْمَ عَاشُورَاءَ رَفَعَ اللَّهُ تَعَالَى لَهُ بِكُلِّ شَعْرَةٍ دَرَجَةً، وَمَنْ فَطَّرَ مُؤْمِنًا لَيْلَةَ عَاشُورَاءَ فَكَأَنَّمَا أَفْطَرَ عِنْدَهُ جَمِيعُ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ، وَأَشْبَعَ بُطُونَهُمْ”. قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ لَقَدْ فَضَّلَ اللَّهُ يَوْمَ عَاشُورَاءَ عَلَى سَائِرِ الْأَيَّامِ. قَالَ: ” نَعَمْ
Telah menceritakan kepada kami Al-Haakim Abul Hasan ‘Aliy bin Al-Husain As-Sardariy, telah menceritakan kepada kami Abu Ja’far Ahmad bin Haatim, telah menceritakan kepada kami Ya’quub bin Jundub, dari Haamid bin Aadam, dari Habiib bin Muhammad, dari Ayahnya, dari Ibraahiim Ash-Shaa’igh, dari Maimuun bin Mihraan, dari ‘Abdullaah bin ‘Abbaas radhiyallahu Ta’ala ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa berpuasa hari ‘Asyura’ pada bulan Muharram, Allah akan memberikannya pahala sepuluh ribu malaikat. Dan barangsiapa berpuasa hari ‘Asyura’ pada bulan Muharram akan diberikan pahala sepuluh ribu haji dan ‘umrah dan pahala sepuluh ribu syahid. Dan barangsiapa mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim di hari ‘Asyura’, Allah Ta’ala akan mengangkat derajatnya sebanyak helai rambut (yang diusap). Dan barangsiapa memberi makanan untuk berbuka puasa kepada seorang mu’min di malam ‘Asyura’ maka sesungguhnya ia bagaikan memberi makanan untuk berbuka puasa kepada sekumpulan umat Muhammad ‘Alaihish Shalatu wassalaam dan mengenyangkan perut mereka semua.”
Para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, sungguh Allah telah mengutamakan hari ‘Asyura’ atas hari-hari lainnya.” Rasulullah bersabda, “Ya.”
[Tanbiihul Ghaafiliin li As-Samarqandiy 1/191]
Diriwayatkan pula oleh Al-Baihaqiy (Fadhaa’ilul Auqaat no. 237), dari jalan ‘Abdurrahman bin Muniib, dari Habiib bin Muhammad dan seterusnya; Abu Dzar Al-Harawiy (Fawaa’id 1/71), dari jalan Muhammad bin Quhzaadz, dari Habiib bin Muhammad dan seterusnya; Al-Baihaqiy dan Al-Harawiy menukilnya dengan matan yang lebih panjang dari As-Samarqandiy.
Hadits palsu dengan tanpa keraguan. Didalam sanad As-Samarqandiy ada dua pendusta, yaitu Haamid bin Aadam dan Habiib bin Muhammad dan tidaklah hadits ini diriwayatkan melainkan ia bersumber dari Habiib.
Seorang muslim yang peduli akan ibadahnya dan keselamatan agamanya tentunya tidak akan mempercayai begitu saja melainkan ia akan kritis dengan bertanya kepada orang yang mengerti mengenai ilmu hadits, dan melakukan cek dan ricek mengenai keshahihannya. Minimal ia tawaqquf (diam) jika memang belum mendapatkan jawabannya, serta tidak lupa berdo’a mohon petunjuk kepada Allah Ta’ala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar