Tidak terdapat amalan khusus terkait bulan Rajab, baik bentuknya shalat,
puasa, zakat, maupun umrah. Mayoritas ulama menjelaskan bahwa hadis
yang menyebutkan amalan di bulan Rajab adalah hadis dhaif dan tertolak
bahkan maudzuf.
Hadis-hadis shalat Raghaib
مَا مِنْ أَحَدٍ يَصُومُ أولَ يَوْمٍ مِنْ رَجَب ثُمَّ يُصَلّي بَيْنَ
العِشَاء والعتمة اثني عشر ركعة يفصل بين ركعتين بتسليمةٍ يَقْرَأُ فيِ
كُلِّ رَكْعَةٍ ِبفَاتِحَةَ الكِتَابِ مَرَّةً وَإنَّا أَنْزَلْنَاهُ فيِ
لَيْلَةِ القَدْرِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، وقل هو الله أحد اثني عشرة مرة، فإذا
فرغ من صلاته صلى علي سبعين مرة يقول : اللهم صل على محمد النبي الأمي وعلى
أله، ثم يسجد ويقول في سجوده سبعين مرة : رب اغفر وارحم وتجاوز عما تعلم
إنك أنت الأعز الأكرم، ثم يسجد سجدة أخرى ويقول فيها مثل ما قال في السجدة
الأولى ثم يسأل حاجته في سجوده فإنها تقضى.
Barangsiapa yang berpuasa pada hari pertama bulan Rajab, kemudian
sembahyang pada waktu antara Isya’ dan Subuh sebanyak dua belas rakaat,
dengan satu kali salam setiap dua rakaat, membaca surat al-Fatihah satu
kali pada setiap rakaat dan surat al-Qadr tiga kali dan surat
al-Ikhlas. Dua belas kali. Setelah selesai sembahyang ia bershalawat
kepadaku (Nabi s.a.w) tujuh puluh kali dengan membaca: اللهم صل على
محمد النبي الأمي وعلى أله. Kemudian dia bersujud dan membaca: رب اغفر
وارحم وتجاوز عما تعلم إنك أنت الأعز الأكرم sebanyak tujuh puluh kali,
Kemudian dia bersujud lagi dengan membaca bacaan yang sama seperti sujud
yang pertama, lalu dia memohon permintaannya dalam sujud itu, maka
permintaannya akan dikabulkan.
Hadis yang lainnya mengenai shalat al-ragha’ib ini adalah:
لا يصلي أحد هذه الصلاة إلا غفر له الله تعالى جميع ذنوبه ولو كانت مثل زبد
البحر وعدد الرمال ووزن الجبال وورق الأشجار ويشفع يوم القيامة في سبعمائة
من أهل بيته ممن قد استوجب النار.
Tidaklah seseorang itu melaksanakan sembahyang ini kecuali Allah akan
mengampuni semua dosa-dosanya, walaupun sebanyak pasir dan buih air
laut, seberat gunung dan sebanyak daun-daun di pokok. Pada hari kiamat,
dia akan memberi syafa’at kepada tujuh ratus ahli keluarganya yang
menghuni neraka.
Hadis-hadis ini disebutkan oleh Al-Ghazali juga dalam Ihya’ ‘ulum
al-din. al-’Iraqi mengatakan bahwa ia disebutkan oleh Ruzayn dalam
kitabnya.
Hukum Hadis: Maudu’/Palsu.
Ulama hadis seperti Ibn al-Jawzi, Ibn S.alah., Ibn Qayyim, al-’Iraqi,
al-Suyuti, Ibn ‘Arraq dan lain-lain mengatakan bahwa Hadis-hadis ini
adalah palsu. Bahkan Abu Shamah telah membahasnya secara panjang lebar
dalam kitabnya al-Ba’ith ‘Ala inkar al-bid’ wa al-hawadith. Semuanya
menghukumkan Hadis ini sebagai palsu.
Keutamaan Puasa di bulan Rajab.
ألا إن رَجَب شَهْرُ اللهِ الأصَمّ، فَمَنْ صَامَ مِنْهُ يَوْمًا
إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا اسْتَوْجَبَ عَليْهِ رِضْوَانَ اللهِ الأَكْبَر،
فَمَنْ صَامَ مِنْهُ يَوْمَيْنِ لاَ يَصِفُ الوَاصِفُونَ مِنْ أَهْلِ
السَّمَاء ِوَالأَرْضَ مَالَهُ عِنْدَ اللهِ مِنْ الكَرَامَةِ، وَمَنْ
صَامَ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ عُوْفِيَ مِنْ كُلّ بَلاَءِ الدُّنيَا وَعَذَابِ
الآخِرَةِ وَالجُنُوْن وَالخِذَام والبَرَص وَمِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ،
وَمَنْ صَامَ سَبْعَةَ أيَّـامٍ غُلِقَتْ عَنْهُ سَبْعَةَ أَبْوَاب
جَهَنَّم، وَمَنْ صَامَ ثمانِيَةَ أيامٍ فُتِحَتْ لَهُ ثمانِيَةَ أبوَابِ
الجَنَّة، وَمَنْ صَامَ عَشْرَةَ أَيامٍ لَمْ يَسْأَل مِنْ اللهِ شَيْئاً
إلاَّ أَعْطَاهُ، وَمَنْ صَامَ خَمْسَةَ عَشَرَ يَوْمًا غَفَرَ اللهُ
تَعَالى ذُنُوبَهُ مَاتقدَّمَ وَبـَدَّلَهُ بِسَيآتِهِ حَسَنَاتٍ وَمَنْ
زَادَ، زَادَ اللهُ أَجْرَهُ.
Sesungguhnya Rajab itu adalah bulan Allah yang .. . Maka barangsiapa
berpuasa pada bulan itu satu hari dengan penuh keimanan dan pengharapan
maka dia pasti akan mendapatkan Ridha Allah yang besar. Dan barangsiapa
berpuasa pada bulan itu dua hari maka dia akan mendapatkan sesuatu yang
tidak dapat disifatkan oleh penghuni langit dan bumi tentang
kemuliaannya di sisi Allah. Dan barangsiapa yang puasa tiga hari maka
akan dijauhi dari bala dunia dan azab akhirat, dan penyakit gila, …,
putihan dan dari ujian Dajjal. Dan barangsiapa puasa tujuh hari maka
akan ditutup ke atasnya tujuh pintu neraka. Dan barangsiapa yang puasa
delapan hari maka dibukakan untuknya delapan pintu-pintu surga, dan
barangsiapa yang puasa sepuluh hari maka tidaklah dia meminta sesuatu
kepada Allah kecuali akan dikabulkan. Dan barangsiapa berpuasa lima
belas hari maka akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu dan segala
kesalahannya akan diganti dengan kebaikan. Dan barangsiapa yang berpuasa
lebih daripada itu, akan maka Allah pun akan menambahkan lagi
pahalanya.
Takhrij Hadis: Hadis ini diriwayatkan oleh al-Bayhaqi dalam al-Shu’ab
dan Fada’il al-awqatdan al-Asfahani dalam al-Targhib. Kesemuanya melalui
‘Utsman ibn Matar dari ‘Abd. Ghafur dari ‘Abd ‘Aziz ibn Sa’id dari
bapaknya.
Hukum Hadis: Maudu’/Palsu.
Dalam sanad al-Bayhaqi terdapat beberapa perawi yang da’if, amat da’if
dan seorang yang dituduh meriwayatkan Hadis palsu daripada perawi
tsiqat. Antaranya adalah ‘Utsman ibn Matar, dia da’if menurut Abu Hatim,
al-Nasa’i, al-Dhahabi dan Ibn Hajar. Abu Salih ‘Abd. al-Gahafur
al-Wasiti, menurut al-Bukhari mereka meninggalkannya dan Hadisnya munkar
(تركوه وهو منكر الحديث). Ibn ‘Adiy berkata: Dia da’if dan Hadisnya
munkar (ضعيف منكر الحديث). Al-Nasa’i berpendapat dia متروك الحديث . Ibn
Hibban pula menyatakan bahwa dia meriwayatkan Hadis-hadis palsu
daripada perawi tsiqat (كان يروي الموضوعات عن الثقات ).
Al-Bayhaqi yang meriwayatkan Hadis ini hanya mengatakan bahwa sanadnya
da’if, akan tetapi Ibn Hajar yang kemudian diikuti oleh Ibn ‘Arraq
menghukumkannya dengan palsu.
صَوْمُ أَوَّل يَوْمٍ مِنْ رَجَب كَفَّارَة ثَلاَثَ سِنِيْنَ، وَالثاني كَفَّارَة سَنَتَيْنِ، وَالثالث كَفَّارَة سَنَة،
ُثمَّ كُل يَوْمٍ كَفارَة شَهْرٍ.
Puasa hari pertama dari bulan Rajab menghapuskan dosa tiga tahun, puasa
pada hari keduanya menghapuskan dosa dua tahun, dan puasa pada hari
ketiga menghapuskan dosa satu tahun, kemudian setiap hari-hari
selanjutnya akan menghapuskan dosa sebulan.
Takhrij Hadis: Hadis ini seperti yang diisyaratkan oleh al-Suyuti,
diriwayatkan oleh Abu Muhammmad al-Khallal dalam Fada’il Rajab daripada
Ibn ‘Abbas.[13]
Hukum Hadis: Maudu’/Palsu.
Al-Suyuti menghukumkan Hadis ini denganda’if, akan tetapi al-Munawi
mengatakan amat da’if, kemudian beliau menukil pendapat Ibn Salah dan
Ibn Rajab al-Hambali yang mengisyaratkan palsunya Hadis-hadis mengenai
puasa Rajab. Al-Albani hanya menda’ifkan Hadis ini.
Hadis ini dapat dihukumkan palsu berdasarkan kaidah yang disebutkan Ibn
Qayyim dan Ibn Hajar seperti yang telah dijelaskan pada Hadis ke 154.
إنهr لمَ ْ يَصُمْ بَعْدَ رَمَضَانَ إِلاَّ رَجَب وَشَعْبَانَ.
Sesungguhnya Rasulullah saw belum pernah berpuasa selain bulan Ramadhan kecuali Rajab dan Sya’ban.
Takhrij Hadis: Hadis ini diriwayatkan oleh al-Bayhaqi dalam al-Shu’ab daripada Abu Hurairah.
Hukum Hadis: Da’if.
Al-Bayhaqi mengatakan bahwa sanad Hadis ini da’if.
Hadis:
إِنَّ فيِ الجَنّةِ نَهْرًا يُقَالُ لَهُ رَجَب أَشَدّ بَيَاضًا مِنْ
اللبنِ وَأَحْلَى مِنْ العَسَلِ، مَنْ صَامَ يَومًا مِنْ رَجَب سَقَاهُ
اللهُ ِمنْ ذلِكَ النَهَارِ.
Sesungguhnya di surga ada sebuah sungai, dinamakan sungai Rajab. Airnya
lebih putih dari pada susu, lebih manis dari pada madu, barangsiapa yang
puasa satu hari pada bulan Rajab, Allah akan memberikannya minum dari
sungai itu.
Takhrij Hadis: Hadis ini diriwayatkan oleh Ibn Hibban dalam al-Majruhin
dan al-Bayhaqi dalam Fada’il al-awqat dan al-Shayrazi dalamal-Alqab
seperti diisyaratkan oleh al-Suyuti. Kesemuanya dari riwayat Anas.
Al-Khubawi mengisyaratkan bahwa Hadis ini diriwayatkan oleh al-Bukhari
dan Muslim. Tetapi isyarat ini adalah salah sebab al-Bukhari dan Muslim
tidak meriwayatkan Hadis ini dan tidak ada seorang ulama Hadis pun yang
mengisyaratkan ke arah itu, apa lagi Hadis ini adalah amat da’if, bahkan
beberapa ulama menghukumkannya palsu. Jadi tidak mungkin keduanya
meriwayatkan Hadis ini.
Hukum Hadis: Da’if.
Hadis ini telah dihukumkan palsu oleh beberapa ulama seperti Ibn
al-Jawzi, al-Dhahabi dan Ibn Hajar dalam Lisan al-mizan. Sebabnya adalah
di dalam sanad Hadis ini terdapat perawi pendusta, iaitu Mans.u-r b.
Yazid. Ibn al-Jawzi mengatakan bahwa dalamsanadnya banyak yang tidak
diketahui (فيه مجاهيل).
Akan tetapi al-Suyuti dan Ibn Hajar dalam kitab Tabyin al-’Ajab hanya me
da’if kan Hadis ini., berbeda dengan hukuman beliau ke atas Hadis ini
dalam Lisan al-mizan seperti dijelaskan di atas. Beliau berkata “
Isnadnya secara am adalah da’if, akan tetapi ia belum sampai menjadikan
Hadis ini palsu ”.
كُلُّ النَّاسِ جِيَاعٌ يَوْمَ القِيَامَةِ إلاَّ الأَنبـِيَاءَ
وَأَهْلِيْهِمْ وَصَائِم رَجَب وَشَعْبَانَ وَرَمَضَانَ، فَإِنَّهُمْ
شبَاعٌ لاَجُوْعَ لَهُمْ وَلاَ عَطَشَ.
Semua orang akan kelaparan pada hari kiamat kecuali para nabi-nabi dan
keluarga-keluarga mereka, serta mereka yang berpuasa Rajab, Sya’ban dan
Ramadhan.
Takhrij Hadis: Hadis dengan lafaz seperti ini belum dapat ditemukan. Al-Khubawi menukilnya daripada kitab Zubdat al-wa’iz.in
Hukum Hadis: Maudu’/Palsu.
Hadis ini boleh dihukumkan palsu berdasarkan kaidah yang disebutkan oleh Ibn Hajar dan Ibn Qayyim seperti disebutkan di atas.
Ibnu Hajar mengatakan,
لم يرد في فضل شهر رجب ، ولا في صيامه ، ولا في صيام شيء منه معين ، ولا في
قيام ليلة مخصوصة فيه حديث صحيح يصلح للحجة ، وقد سبقني إلى الجزم بذلك
الإمام أبو إسماعيل الهروي الحافظ
“Tidak terdapat riwayat yang sahih yang layak dijadikan dalil tentang
keutamaan bulan Rajab, tidak pula riwayat yang shahih tentang puasa
rajab, atau puasa di tanggal tertentu bulan Rajab, atau shalat tahajud
di malam tertentu bulan rajab. Keterangan saya ini telah didahului oleh
keterangan Imam Al-Hafidz Abu Ismail Al-Harawi.” (Tabyinul Ujub bi Ma
Warada fi Fadli Rajab, hlm. 6)
Keterangan yang sama juga disampaikan oleh Imam Ibnu Rajab. Dalam
karyanya yang mengupas tentang amalan sepanjang tahun, yang berjudul
Lathaiful Ma’arif, beliau menegaskan tidak ada shalat sunah khusus
untuk bulan rajab,
لم يصح في شهر رجب صلاة مخصوصة تختص به و الأحاديث المروية في فضل صلاة
الرغائب في أول ليلة جمعة من شهر رجب كذب و باطل لا تصح و هذه الصلاة بدعة
عند جمهور العلماء
“Tidak terdapat dalil yang sahih tentang anjuran shalat tertentu di
bulan Rajab. Adapun hadis yang menyebutkan keutamaan shalat Raghaib di
malam Jumat pertama bulan Rajab adalah hadis dusta, batil, dan tidak
sahih. Shalat Raghaib adalah bid’ah, menurut mayoritas ulama.”
(Lathaiful Ma’arif, hlm. 213)
Terkait masalah puasa di bulan Rajab, Imam Ibnu Rajab juga menegaskan,
لم يصح في فضل صوم رجب بخصوصه شيء عن النبي صلى الله عليه و سلم و لا عن
أصحابه و لكن روي عن أبي قلابة قال : في الجنة قصر لصوام رجب قال البيهقي :
أبو قلابة من كبار التابعين لا يقول مثله إلا عن بلاغ و إنما ورد في صيام
الأشهر الحرم كلها
“Tidak ada satu pun hadis sahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
tentang keutamaan puasa bulan Rajab secara khusus. Hanya terdapat
riwayat dari Abu Qilabah, bahwa beliau mengatakan, ‘Di surga terdapat
istana untuk orang yang rajin berpuasa di bulan Rajab.’ Namun, riwayat
ini bukan hadis. Imam Al-Baihaqi mengomentari keterangan Abu Qilabah,
‘Abu Qilabah termasuk tabi’in senior. Beliau tidak menyampaikan riwayat
itu, melainkan hanya kabar tanpa sanad.’ Riwayat yang ada adalah riwayat
yang menyebutkan anjuran puasa di bulan haram seluruhnya” (Lathaiful
Ma’arif, hlm. 213)
Keterangan Ibnu Rajab yang menganjurkan adanya puasa di bulan haram,
ditunjukkan dalam hadis dari Mujibah Al-Bahiliyah dari bapaknya atau
pamannya, Al-Bahily. Sahabat Al-Bahily ini mendatangi Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam, setelah bertemu dan menyatakan masuk islam, beliau
kemudian pulang kampungnya. Satu tahun kemudian, dia datang lagi menemui
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
“Ya Rasulullah, apakah anda masih mengenal saya.” Tanya Kahmas,
“Siapa anda?” tanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
“Saya Al-Bahily, yang dulu pernah datang menemui anda setahun yang lalu.” Jawab sahabat
“Apa yang terjadi dengan anda, padahal dulu anda berbadan segar?” tanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
“Saya tidak pernah makan, kecuali malam hari, sejak saya berpisah dengan anda.” Jawab sahabat.
Menyadari semangat sahabat ini untuk berpuasa, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menasehatkan,
لِمَ عَذَّبْتَ نَفْسَكَ، صُمْ شَهْرَ الصَّبْرِ، وَيَوْمًا مِنْ كُلِّ شَهْرٍ
Mengapa engkau menyiksa dirimu. Puasalah di bulan sabar (ramadhan), dan puasa sehari setiap bulan.
Namun Al-Bahily selalu meminta tambahan puasa sunah,
“Puasalah sehari tiap bulan.” Orang ini mengatakan, “Saya masih kuat.
Tambahkanlah!” “Dua hari setiap bulan.” Orang ini mengatakan, “Saya
masih kuat. Tambahkanlah!” “Tiga hari setiap bulan.” Orang ini tetap
meminta untuk ditambahi. Sampai akhirnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam memberikan kalimat pungkasan,
صُمْ مِنَ الحُرُمِ وَاتْرُكْ، صُمْ مِنَ الحُرُمِ وَاتْرُكْ، صُمْ مِنَ الحُرُمِ وَاتْرُكْ
“Berpuasalah di bulan haram, lalu jangan puasa (kecuali ramadhan)…,
Berpuasalah di bulan haram, lalu jangan puasa…, Berpuasalah di bulan
haram, lalu jangan puasa.” (HR. Ahmad, Abu Daud, Al-Baihaqi dan yang
lainnya. Hadis ini dinilai sahih oleh sebagian ulama dan dinilai dhaif
oleh ulama lainnya).
Bulan haram artinya bulan yang mulia. Allah memuliakan bulan ini dengan
larangan berperang. Bulan haram, ada empat: Dzulqa’dah, Dzulhijjah,
Muharram, dan Rajab.
Puasa di Bulan Haram
Hadis Mujibah Al-Bahiliyah menceritakan anjuan untuk berpuasa di semua
bulan haram, sebagaimana yang ditegaskan Ibnu Rajab. Itupun anjuran
puasa ini sebagai pilihan terakhir ketika seseorang hendak memperbanyak
puasa sunah, sebagaimana yang disarankan oleh Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam kepada sahabat Al-Bahily. Karena itu, terlalu jauh
ketika hadis ini dijadikan dalil anjuran puasa di bulan rajab secara
khusus, sementara untuk bulan haram lainnya, kurang diperhatikan. Karena
praktek yang dilakukan beberapa ulama, mereka berpuasa di seluruh bulan
haram, tidak hanya bulan rajab. Sebagaimana dinyatakan oleh Ibnu Rajab,
قد كان بعض السلف يصوم الأشهر الحرم كلها منهم ابن عمر و الحسن البصري و
أبو اسحاق السبيعي و قال الثوري : الأشهر الحرم أحب إلي أن أصوم فيها
Beberapa ulama salaf melakukan puasa di semua bulan haram, di antaranya:
Ibnu Umar, Hasan Al-Bashri, dan Abu Ishaq As-Subai’i. Imam Ats-Tsauri
mengatakan, “Bulan-bulan haram, lebih aku cintai untuk dijadikan waktu
berpuasa.” (Lathaiful Ma’arif, hlm. 213).
Para Sahabat Melarang Mengkhususkan Rajab untuk Puasa
Kebiasaan mengkhususkan puasa di bulan rajab telah ada di zaman Umar
radhiyallahu ‘anhu. Beberapa tabiin yang hidup di zaman Umar bahkan
telah melakukannnya. Dengan demikian, kita bisa mengacu bagaimana sikap
sahabat terhadap fenomena terkait kegiatan bulan rajab yang mereka
jupai.
Berikut beberapa riwayat yang menyebutkan reaksi mereka terhadap puasa
rajab. Riwayat ini kami ambil dari buku Lathaiful Ma’arif, satu buku
khusus karya Ibnu Rajab, yang membahas tentang wadzifah (amalan sunah)
sepanjang masa,
روي عن عمر رضي الله عنه : أنه كان يضرب أكف الرجال في صوم رجب حتى يضعوها
في الطعام و يقول : ما رجب ؟ إن رجبا كان يعظمه أهل الجاهلية فلما كان
الإسلام ترك
Diriwayatkan dari Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, bahwa beliau
memukul telapak tangan beberapa orang yang melakukan puasa rajab, sampai
mereka meletakkan tangannya di makanan. Umar mengatakan, “Apa rajab?
Sesungguhnnya rajab adalah bulan yang dulu diagungkan masyarakat
jahiliyah. Setelah islam datang, ditinggalkan.”
Dalam riwayat yang lain,
كرِهَ أن يَكونَ صِيامُه سُنَّة
“Beliau benci ketika puasa rajab dijadikan sunah (kebiasaan).” (Lathaif Al-Ma’arif, 215).
Dalam riwayat yang lain, tentang sahabat Abu Bakrah radhiyallahu ‘anhu,
أنه رأى أهله قد اشتروا كيزانا للماء واستعدوا للصوم فقال : ما هذا ؟
فقالوا: رجب. فقال: أتريدون أن تشبهوه برمضان ؟ وكسر تلك الكيزان
Beliau melihat keluarganya telah membeli bejana untuk wadah air, yang
mereka siapkan untuk puasa. Abu Bakrah bertanya: ‘Puasa apa ini?’ Mereka
menjawab: ‘Puasa rajab’ Abu Bakrah menjawab, ‘Apakah kalian hendak
menyamakan rajab dengan ramadhan?’ kemudian beliau memecah bejana-bejana
itu. (Riwayat ini disebutkan oleh Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni 3/107,
Ibn Rajab dalam Lathaif hlm. 215, Syaikhul Islam dalam Majmu’ Fatawa
25/291, dan Al-Hafidz ibn Hajar dalam Tabyi Al-Ujb hlm. 35)
Ibnu Rajab juga menyebutkan beberapa riwayat lain dari beberapa sahabat
lainnya, seperti Ibnu Umar dan Ibnu Abbas, bahwa mereka membenci
seseorang yang melakukan puasa rajab sebulan penuh.
Sikap mereka ini menunjukkan bahwa mereka memahami bulan rajab bukan
bulan yang dianjurkan untuk dijadikan waktu berpuasa secara khusus.
Karena kebiasaan itu sangat mungkin, tidak mereka alami di zaman Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Jika ingin puasa di bulan Rajab karena ada kebiasaan seperti punya
kebiasaan puasa daud, puasa senin kamis, puasa ayyamul bidh atau puasa
tiga hari setiap bulannya, ini berarti tidak mengkhususkan bulan Rajab
dengan puasa tertentu dan tidaklah masalah meneruskan kebiasaan baik
seperti ini.
Hukum Puasa Rajab Menurut Empat Madzhab
Para ulama berbeda pendapat tentang hukum puasa Rajab.
Pertama, mayoritas ulama dari kalangan Madzhab Hanafi, Maliki dan
Syafi’i berpendapat bahwa puasa Rajab hukumnya Sunnah selama 30 hari.
Pendapat ini juga menjadi qaul dalam madzhab Hanbali.
Kedua, para ulama madzhab Hanbali berpendapat bahwa berpuasa Rajab
secara penuh (30 hari) hukumnya makruh apabila tidak disertai dengan
puasa pada bulan-bulan yang lainnya. Kemakruhan ini akan menjadi hilang
apabila tidak berpuasa dalam satu atau dua hari dalam bulan Rajab
tersebut, atau dengan berpuasa pada bulan yang lain. Para ulama madzhab
Hanbali juga berbeda pendapat tentang menentukan bulan-bulan haram
dengan puasa. Mayoritas mereka menghukumi sunnah, sementara sebagian
lainnya tidak menjelaskan kesunnahannya.
Berikut pernyataan para ulama madzhab empat tentang puasa Rajab.
Madzhab Hanafi
Dalam al-Fatawa al-Hindiyyah (1/202) disebutkan:
في الفتاوي الهندية 1/202 : ( المرغوبات من الصيام أنواع ) أولها صوم
المحرم والثاني صوم رجب والثالث صوم شعبان وصوم عاشوراء ) اه
“Macam-macam puasa yang disunnahkan adalah banyak macamnya. Pertama,
puasa bulan Muharram, kedua puasa bulan Rajab, ketiga, puasa bulan
Sya’ban dan hari Asyura.”
Madzhab Maliki
Dalam kitab Syarh al-Kharsyi ‘ala Mukhtashar Khalil (2/241), ketika menjelaskan puasa yang disunnahkan, al-Kharsyi berkata:
(والمحرم ورجب وشعبان)يعني : أنه يستحب صوم شهر المحرم وهو أول الشهور
الحرم , ورجب وهو الشهر الفرد عن الأشهر الحرم) اه وفي الحاشية عليه:
(قوله: ورجب) , بل يندب صوم بقية الحرم الأربعة وأفضلها المحرم فرجب فذو
القعدة فالحجة) اهـ
“Muharram, Rajab dan Sya’ban. Yakni, disunnahkan berpuasa pada bulan
Muharram – bulan haram pertama -, dan Rajab – bulan haram yang
menyendiri.” Dalam catatan pinggirnya: “Maksud perkataan pengaram, bulan
Rajab, bahkan disunnahkan berpuasa pada semua bulan-bulan haram yang
empat, yang paling utama bulan Muharram, lalu Rajab, lalu Dzul Qa’dah,
lalu Dzul Hijjah.”
Pernyataan serupa bisa dilihat pula dalam kitab al-Fawakih al-Dawani
(2/272), Kifayah al-Thalib al-Rabbani (2/407), Syarh al-Dardir ‘ala
Khalil (1/513) dan al-Taj wa al-Iklil (3/220).
Madzhab Syafi’i
Imam al-Nawawi berkata dalam kitab al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab (6/439),
قال الإمام النووي في المجموع 6/439: (قال أصحابنا: ومن الصوم المستحب
صوم الأشهر الحرم , وهي ذو القعدة وذو الحجة والمحرم ورجب , وأفضلها
المحرم , قال الروياني في البحر : أفضلها رجب , وهذا غلط ; لحديث أبي هريرة
الذي سنذكره إن شاء الله تعالى أفضل الصوم بعد رمضان شهر الله المحرم) اه
“Teman-teman kami (para ulama madzhab Syafi’i) berkata: “Di antara puasa
yang disunnahkan adalah puasa bulan-bulan haram, yaitu Dzul Qa’dah,
Dzul Hijjah, Muharram dan Rajab, dan yang paling utama adalah Muharram.
Al-Ruyani berkata dalam al-Bahr: “Yang paling utama adalah bulan Rajab”.
Pendapat al-Ruyani ini keliru, karena hadits Abu Hurairah yang akan
kami sebutkan berikut ini insya Allah (“Puasa yang paling utama setelah
Ramadhan adalah puasa bulan Muharram.”)”.
Pernyataan serupa dapat dilihat pula dalam Asna al-Mathalib (1/433),
Fatawa al-Kubra al-Fiqhiyyah (2/53), Mughni al-Muhtaj (2/187), Nihayah
al-Muhtaj (3/211) dan lain-lain.
Madzhab Hanbali
Ibnu Qudamah al-Maqdisi berkata dalam kitab al-Mughni (3/53):
قال ابن قدامة في المغني 3/53 : (فصل: ويكره إفراد رجب بالصوم. قال
أحمد:وإن صامه رجل, أفطر فيه يوما أو أياما, بقدر ما لا يصومه كله … قال
أحمد : من كان يصوم السنة صامه, وإلا فلا يصومه متواليا, يفطر فيه ولا
يشبهه برمضان ) اه
“Pasal. Dimakruhkan mengkhususkan bulan Rajab dengan ibadah puasa. Ahmad
bin Hanbal berkata: “Apabila seseorang berpuasa Rajab, maka berbukalah
dalam satu hari atau beberapa hari, sekiranya tidak berpuasa penuh satu
bulan.” Ahmad bin Hanbal juga berkata: “Orang yang berpuasa satu tahun
penuh, maka berpuasalah pula di bulan Rajab. Kalau tidak berpuasa penuh,
maka janganlah berpuasa Rajab terus menerus, ia berbuka di dalamnya dan
jangan menyerupakannya dengan bulan Ramadhan.”
Ibnu Muflih berkata dalam kitab al-Furu’ (3/118):
وفي الفروع لابن مفلح 3/118: (فصل): يكره إفراد رجب بالصوم نقل حنبل:
يكره, ورواه عن عمر وابنه وأبي بكرة, قال أحمد: يروى فيه عن عمر أنه كان
يضرب على صومه, وابن عباس قال : يصومه إلا يوما أو أياما … وتزول الكراهة
بالفطر أو بصوم شهر آخر من السنة , قال صاحب المحرر: وإن لم يله .
“Pasal. Dimakruhkan mengkhususkan bulan Rajab dengan berpuasa. Hanbal
mengutip: “Makruh, dan meriwayatkan dari Umar, Ibnu Umar dan Abu
Bakrah.” Ahmad berkata: “Memuku seseorang karena berpuasa Rajab”. Ibnu
Abbas berkata: “Sunnah berpuasa Rajab, kecuali satu hari atau beberapa
hari yang tidak berpuasa.” Kemakruhan puasa Rajab bisa hilang dengan
berbuka (satu hari atau beberapa hari), atau dengan berpuasa pada bulan
yang lain dalam tahun yang sama. Pengarang al-Muharrar berkata:
“Meskipun bulan tersebut tidak bergandengan.”
DALIL PUASA RAJAB
Dalil Mayoritas Ulama
Mayoritas ulama yang berpandangan bahwa puasa Rajab hukumnya sunnah
sebulan penuh, berdalil dengan beberapa banyak hadits dan atsar.
Dalil-dalil tersebut dapat diklasifikasi menjadi tiga:
Pertama, hadits-hadits yang menjelaskan keutamaan puasa sunnah secara
mutlak. Dalam konteks ini, al-Imam Ibnu Hajar al-Haitami berkata dalam
al-Fatawa al-Kubra al-Fiqhiyyah (2/53) dan fatwa beliau mengutip dari
fatwa al-Imam Izzuddin bin Abdussalam (hal. 119):
قال ابن حجر كما في الفتاوى الفقهية الكبرى 2/53: (ويوافقه إفتاء العز
بن عبد السلام فإنه سئل عما نقل عن بعض المحدثين من منع صوم رجب وتعظيم
حرمته وهل يصح نذر صوم جميعه فقال في جوابه :نذر صومه صحيح لازم يتقرب إلى
الله تعالى بمثله والذي نهى عن صومه جاهل بمأخذ أحكام الشرع وكيف يكون
منهيا عنه مع أن العلماء الذين دونوا الشريعة لم يذكر أحد منهم اندراجه
فيما يكره صومه بل يكون صومه قربة إلى الله تعالى لما جاء في الأحاديث
الصحيحة من الترغيب في الصوم مثل : قوله صلى الله عليه وسلم {يقول الله كل
عمل ابن آدم له إلا الصوم} وقوله صلى الله عليه وسلم {لخلوف فم الصائم أطيب
عند الله من ريح المسك} وقوله {إن أفضل الصيام صيام أخي داود كان يصوم
يوما ويفطر يوما} وكان داود يصوم من غير تقييد بما عدا رجبا من الشهور) اهـ
“Ibnu Hajar, (dan sebelumnya Imam Izzuddin bin Abdissalam ditanya pula),
tentang riwayat dari sebagian ahli hadits yang melarang puasa Rajab dan
mengagungkan kemuliaannya, dan apakah berpuasa satu bulan penuh di
bulan Rajab sah? Beliau berkata dalam jawabannya: “Nadzar puasa Rajab
hukumnya sah dan wajib, dan dapat mendekatkan diri kepada Allah dengan
melakukannya. Orang yang melarang puasa Rajab adalah orang bodoh dengan
pengambilan hukum-hukum syara’. Bagaimana mungkin puasa Rajab dilarang,
sedangkan para ulama yang membukukan syariat, tidak seorang pun dari
mereka yang menyebutkan masuknya bulan Rajab dalam bulan yang makruh
dipuasai. Bahkan berpuasa Rajab termasuk qurbah (ibadah sunnah yang
dapat mendekatkan) kepada Allah, karena apa yang datang dalam
hadits-hadits shahih yang menganjurkan berpuasa seperti sabda Nabi SAW:
“Allah berfirman, semua amal ibadah anak Adam akan kembali kepadanya
kecuali puasa”, dan sabda Nabi SAW: “Sesungguhnya bau mulut orang yang
berpuasa lebih harum menurut Allah dari pada minyak kasturi”, dan sabda
Nabi SAW: “Sesungguhnya puasa yang paling utama adalah puasa saudaraku
Dawud. Ia berpuasa sehari dan berbuka sehari.” Nabi Dawud AS berpuasa
tanpa dibatasi oleh bulan misalnya selain bula Rajab.”
Al-Syaukani berkata dalam Nail al-Authar (4/291):
وقال الشوكاني في نيل الأوطار 4/291: (وقد ورد ما يدل على مشروعية
صومه على العموم والخصوص : أما العموم : فالأحاديث الواردة في الترغيب في
صوم الأشهر الحرم وهو منها بالإجماع . وكذلك الأحاديث الواردة في مشروعية
مطلق الصوم … )اهـ
“Telah datang dalil yang menunjukkan pada disyariatkannya puasa Rajab,
secara umum dan khusus. Adapun hadits yang bersifat umum, adalah
hadits-hadits yang datang menganjurkan puasa pada bulan-bulan haram.
Sedangkan Rajab termasuk bulan haram berdasarkan ijma’ ulama. Demikian
pula hadits-hadits yang datang tentang disyariatkannya puasa sunnat
secara mutlak.”
Kedua, hadits-hadits yang menganjurkan puasa bulan-bulan haram, antara
lain hadits Mujibah al-Bahiliyah. Imam Abu Dawud meriwayatkan dalam
al-Sunan (2/322) sebagai berikut ini:
عن مجيبة الباهلية عن أبيها أو عمها أنه:أتى رسول الله صلى الله عليه
وسلم ثم انطلق فأتاه بعد سنة وقد تغيرت حالته وهيئته فقال يا رسول الله أما
تعرفني قال ومن أنت قال أنا الباهلي الذي جئتك عام الأول قال فما غيرك وقد
كنت حسن الهيئة قال ما أكلت طعاما إلا بليل منذ فارقتك فقال رسول الله صلى
الله عليه وسلم لم عذبت نفسك ثم قال صم شهر الصبر ويوما من كل شهر قال
زدني فإن بي قوة قال صم يومين قال زدني قال صم ثلاثة أيام قال زدني قال صم
من الحرم واترك صم من الحرم واترك صم من الحرم واترك وقال بأصابعه الثلاثة
فضمها ثم أرسلها)
Dari Mujibah al-Bahiliyah, dari ayah atau pamannya, bahwa ia mendatangi
Rasulullah SAW kemudian pergi. Lalu datang lagi pada tahun berikutnya,
sedangkan kondisi fisiknya telah berubah. Ia berkata: “Wahai Rasulullah,
apakah engkau masih mengenalku?” Beliau bertanya: “Kamu siapa?” Ia
menjawab: “Aku dari suku Bahili, yang datang tahun sebelumnya.” Nabi SAW
bertanya: “Kondisi fisik mu kok berubah, dulu fisikmu bagus sekali?” Ia
menjawab: “Aku tidak makan kecuali malam hari sejak meninggalkanmu.”
Lalu Rasulullah SAW bersabda: “Mengapa kamu menyiksa diri?” Lalu berliau
bersabda: “Berpuasalah di bulan Ramadhan dan satu hari dalam setiap
bulan.” Ia menjawab: “Tambahlah kepadaku, karena aku masih mampu.”
Beliau menjawab: “Berpuasalah dua hari dalam sebulan.” Ia berkata:
“Tambahlah, aku masih kuat.” Nabi SAW menjawab: “Berpuasalah tiga hari
dalam sebulan.” Ia berkata: “Tambahlah.” Nabi SAW menjawab: “Berpuasalah
di bulan haram dan tinggalkanlah, berpuasalah di bulan haram dan
tinggalkanlah, berpuasalah di bulan haram dan tinggalkanlah.” (HR. Abu
Dawud dan Ibnu Majah).
Mengomentari hadits tersebut, Imam al-Nawawi berkata dalam al-Majmu’
Syarh al-Muhadzdzab (6/439): “Nabi SAW menyuruh laki-laki tersebut
berpuasa sebagian dalam bulan-bulan haram tersebut dan meninggalkan
puasa di sebagian yang lain, karena berpuasa bagi laki-laki Bahili
tersebut memberatkan fisiknya. Adapuan bagi orang yang tidak
memberatkan, maka berpuasa satu bulan penuh di bulan-bulan haram adalah
keutamaan.” Komentar yang sama juga dikemukakan oleh Syaikhul Islam
Zakariya al-Anshari dalam Asna al-Mathalib (1/433) dan Ibnu Hajar
al-Haitami dalam Fatawa-nya (2/53).
Ketiga, hadits-hadits yang menjelaskan keutamaan bulan Rajab secara
khusus. Hadits-hadits tersebut meskipun derajatnya dha’if, akan tetapi
masih diamalkan dalam bab fadhail al-a’mal, seperti ditegaskan oleh Ibnu
Hajar al-Haitami dalam Fatawa-nya (2/53).
Di antara hadits yang menjelaskan keutamaan puasa Rajab secara khusus adalah hadits Usamah bin Zaid berikut ini:
في سنن النسائي 4/201: ( عن أسامة بن زيد قال قلت: يا رسول الله لم
أرك تصوم شهرا من الشهور ما تصوم من شعبان قال ذلك شهر يغفل الناس عنه بين
رجب ورمضان ) اهـ
“Dalam Sunan al-Nasa’i (4/201): Dari Usamah bin Zaid, berkata: “Wahai
Rasulullah, aku tidak melihatmu berpuasa dalam bulan-bulan yang ada
seperti engkau berpuasa pada bulan Sya’ban?” Beliau menjawab: “Bulan
Sya’ban itu bulan yang dilupakan oleh manusia antara Rajab dan
Ramadhan.”
Mengomentari hadits tersebut, Imam al-Syaukani berkata dalam kitabnya
Nail al-Authar(4/291): “Hadits Usamah di atas, jelasnya menunjukkan
disunnahkannya puasa Rajab. Karena yang tampak dari hadits tersebut,
kaum Muslimin pada masa Nabi SAW melalaikan untuk mengagungkan bulan
Sya’ban dengan berpuasa, sebagaimana mereka mengagungkan Ramadhan dan
Rajab dengan berpuasa.”
Keempat, atsar dari ulama salaf yang saleh. Terdapat beberapa riwayat
yang menyatakan bahwa beberapa ulama salaf yang saleh menunaikan ibadah
puasa Rajab, seperti Hasan al-Bashri, Abdullah bin Umar dan lain-lain.
Hal ini bisa dilihat dalam kitab-kitab hadits seperti Mushannaf Ibn Abi
Syaibah dan lain-lain.
Dalil Madzhab Hanbali
Sebagaimana dimaklumi, madzhab Hanbali berpendapat bahwa mengkhususkan
puasa Rajab secara penuh dengan ibadah puasa adalah makruh. Akan tetapi
kemakruhan puasa Rajab ini bisa hilang dengan dua cara, pertama,
meninggalkan sehari atau lebih dalam bulan Rajab tanpa puasa. Dan kedua,
berpuasa di bulan-bulan di luar Rajab, walaupun bulan tersebut tidak
berdampingan dengan bulan Rajab.
Para ulama yang bermadzhab Hanbali, memakruhkan berpuasa Rajab secara
penuh dan secara khusus, didasarkan pada beberapa hadits, antara lain:
Hadits dari Zaid bin Aslam, bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya tentang
puasa Rajab, lalu beliau menjawab: “Di mana kalian dari bulan Sya’ban?”
(HR. Ibnu Abi Syaibah [2/513] dan Abdurrazzaq [4/292]. Tetapi hadits ini
mursal, alias dha’if).
Hadits Usamah bin Zaid. Ia selalu berpuasa di bulan-bulan haram. Lalu
Rasulullah SAW bersabda kepadanya: “Berpuasalah di bulan Syawal.” Lalu
Usamah meninggalkan puasa di bulan-bulan haram, dan hanya berpuasa di
bulan Syawal sampai meninggal dunia.” (HR. Ibn Majah [1/555], tetapi
hadits ini dha’if. Hadits ini juga dinilai dha’if oleh Syaikh
al-Albani.).
Hadits dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi SAW melarang puasa Rajab. (HR. Ibn
Majah [1/554], tetapi hadits ini dinilai dha’if oleh Imam Ahmad, Ibnu
Taimiyah dalam al-Fatawa al-Kubra [2/479], dan lain-lain).
Madzhab Hanbali juga berdalil dengan beberapa atsar dari sebagian
sahabat, seperti atsar bahwa Umar pernah memukul orang karena berpuasa
Rajab, atsar dari Anas bin Malik dan lain-lain. Tetapi atsar ini masih
ditentang dengan atsar-atsar lain dari para sahabat yang justru
melakukan puasa Rajab. Disamping itu, dalil-dalil para ulama yang
menganjurkan puasa Rajab jauh lebih kuat dan lebih shahih sebagaimana
telah dikemukakan sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar