Kesempurnaan amal tergantung dari dua perkara, pertama adalah keimanan
seseorang. Semakin tinggi keimanan seseorang, hal itu mempengaruhi
kualitas ibadahnya. Dan yang kedua adalah keilmuannya. Tentu berbeda
kualitas ibadah seorang hamba yang hanya melakukan suatu amalan ibadah
atas dasar ikut-ikutan, dengan amalan seorang hamba yang mengetahui
dalil perintah, mengetahui keilmuan akan dasar mengerjakan amalan
tersebut.
Puasa enam hari di bulan syawal merupakan salah satu ibadah yang
disunnahkan dalam syariat Islam, dimana dia merupakan pelengkap yang
mengikuti puasa ramadhan. Dan puasa ini juga sebagai pembuktian apakah
kita mendapatkan jenjang ketakwaan yang mejadi target dari puasa
ramadhan ataukah tidak. Dimana di antara ciri wali-wali Allah -yang
tidak lain adalah orang-orang yang bertakwa- adalah mengerjakan semua
amalan yang sunnah setelah mengerjakan semua amalan yang wajib.
Karenanya hendaknya seorang muslim mengamalkan puasa sunnah ini setelah
dia mengamalkan puasa wajib ramadhan.
Dalil tentang Puasa Syawal
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَعَلِيُّ
بْنُ حُجْرٍ جَمِيعًا عَنْ إِسْمَعِيلَ قَالَ ابْنُ أَيُّوبَ حَدَّثَنَا
إِسْمَعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ أَخْبَرَنِي سَعْدُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ قَيْسٍ
عَنْ عُمَرَ بْنِ ثَابِتِ بْنِ الْحَارِثِ الْخَزْرَجِيِّ عَنْ أَبِي
أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَامَ
رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ
الدَّهْرِ و حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا سَعْدُ
بْنُ سَعِيدٍ أَخُو يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ ثَابِتٍ
أَخْبَرَنَا أَبُو أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيُّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ
بِمِثْلِهِ و حَدَّثَنَاه أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ سَعْدِ بْنِ سَعِيدٍ قَالَ سَمِعْتُ
عُمَرَ بْنَ ثَابِتٍ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا أَيُّوبَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
يَقُولُا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِمِثْلِهِ . رواه مسلم
“Dari Abi Ayub al-Ansari radiallahu ‘anhu: Bahawa Rasulullah bersabda:
Barangsiapa berpuasa ramadan kemudian diikuti puasa enam hari di bulan
Syawal, pahalanya seperti puasa setahun”. (H/R Muslim (1164). Ibn Majah
(1612/1716). Imam Ahmad dalam musnadnya (2/204-5/417/419). Abu Daud
(2433). Tirmizi (759). Nasaii dalam As-Sunan al-Kubra (2/2862).
At-Thayalisi dalam Al-Musnad (hlm. 81). Abdurrazzak dalam Al-Musannaf
(7918, 7919, 7921). Ibnu Syaibah dalam Al-Musannaf (3/97). At-Tahawi
dalam Musykil al-Atsar (2238, 2340,2341,2345). Al-Baihaqi dalam As-Sunan
Al-Kubra (4/292), H/R Ahmad 417. Muslim 822 (Kitabus Siam) no. 1164.
Abu Daud. 2/812-813. (Kitabus Siam). No 2433. At-Turmizi . (Bab As-Siam)
no 756 Turmizi berkata: Hadis hasan sahih. Ibnu Majah 3/206-207
(Kitabus Siam) no 1716)
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ اِبْرَاهِيْمَ : اَنَّ اُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ كَانَ
يَصُوْمُ اَشْهُرَ الْحُرُمِ ، فَقَالَ لَهُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّىاللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : صُمْ شَوَّالاً. فَتَرَكَ اَشْهُرَ الْحُرُمِ ثُمَّ
لَمْ يَزَلْ يَصُوْمُ شَوَّالاًحَتَّى مَاتَ.
“Dari Muhammad bin Ibrahim bahawa Usamah bin Zaid berpuasa pada
bulan-bulan mulia, lalu Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam bersabda
kepadanya: Puasalah pada bulan Syawal. Lalu dia meninggalkan puasa
bulan-bulan mulia dan terus berpuasa dibulan Syawal hingga dia meninggal
dunia”. (Lihat: Al-Jami As-Saghir 2/99 hadis no 5037. Imam as-Syuti
menyebutkan bahawa hadis ini sahih. H/R Ibnu Majah no. 1744)
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ فَشَهْرٌ بِعَشَرَةِ أَشْهُرٍ وَصِيَامُ سِتَّةِ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ فَذَلِكَ تَمَامُ السَنَةِ
“Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadan, maka puasa sebelum itu sama
dengan sepuluh bulan dan dengan puasa enam hari setelah berbuaka
(berhari raya), maka itu melangkapi puasa setahun”. ((H/R Ahmad 5/280).
Ibnu Majah (1715). An-Nasaai dalam As-Sunan Al-Kubra (2/2860).
Al-Baihaqi dalam As-Sunan Al-Kubra (4/393) dan dalam Asy- Syu’bah
Al-Imam 3/3736). Al-Khatib dalam Tarikh Baghdad (2/362) Ad-Darimi dalam
As-Sunan (2/21). Ibnu Khuzaimah dalam Sahihnya (2115). At-Tahawi dalam
Musykil Al-Atsar (2348). At-Tabrani dalam Musnad Asy- Syamiyin (903))
Pada hadits ini terdapat dalil tegas tentang dianjurkannya puasa enam
hari di bulan Syawal dan pendapat inilah yang dipilih oleh madzhab
Syafi’i, Ahmad dan Abu Daud serta yang sependapat dengan mereka.
Sedangkan Imam Malik dan Abu Hanifah menyatakan makruh. Namun pendapat
mereka ini lemah karena bertentangan dengan hadits yang tegas ini.
(Lihat Syarh An Nawawi ‘ala Muslim, 8/56)
HUKUM PUASA 6 HARI BULAN SYAWAL
Hukumnya sunnah yakni berpahala bagi yang melakukan tapi tidak berdosa
bagi yang meninggalkan. Berdasarkan hadits-hadits di atas, maka
kebanyakanاulama fiqih sepakat atas sunnahnya berpuasa selama 6 hari
pada bulan Syawal setelah sebulan penuh berpuasa Ramadan.
Hanya Imam Malik yang menyatakan bahwa puasa bulan Syawal hukumnya
makruh dengan alasan karena takut umat Islam berkeyakinan puasa Syawal
sebagai bagian dari puasa Ramadan.
Menurut Imam An-Nanawi rahimahullah: “Para ulama berkata: Bahawa puasa
enam setara dengan puasa setahun, kerana satu kebaikan diberi ganjaran
sepuluh kali ganda. Puasa sebulan Ramadan sama dengan puasa sepuluh
bulan, puasa enam pula sama dengan berpuasa dua bulan”. (Lihat: Syarah
Muslim 3/238)
Menurut Ibn Qudamah rahimahullah: “Puasa enam hari di bulan Syawal
disunnahkan sebagaimana pendapat kebanyakan para ulama, iaitu
berdasarkan riwayat dari Ka’ab al-Ahbar, Asy-Syafie dan Maimun bin
Mihran serta inilah pendapat Imam Asy-Syafie rahimahullah dan Ahmad”.
(Lihat: Al-Baihaqi dalam Ma’rifat As-Sunan Wal-Atsar (3/450). An-Nawawi
dalam Syarah Muslim (3/238). Abdullah bin Ahmad dalam Masail Ahmad hlm
93. Syarah ‘Umdatul Ahkam (2/556)). (Lihat: Al-Mugni (4/438))
Perbezaan Pendapat Tentang Puasa Enam Syawal
Imam Malik, Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad tidak menganggap sunnah
puasa enam hari di bulan Syawal. Namun ini diingkari (dibantah) oleh
al-Hafiz Asy-Syaukani, beliau mengatakan:
“Mereka berhujjah bahawa mungkin (puasa enam hari Syawal) akan dianggap
sebagai puasa yang wajib. Ini adalah pendapat yang batil yang tidak
pantas dikeluarkan oleh orang yang memiliki akal fikiran, apalagi
seorang ulama seperti mereka dalam menentang sunnah yang sahih dan
jelas. Malah pendapat seperti ini akan berlaku pula pada semua puasa
yang dianjurkan oleh agama dan tidak seorangpun yang mengatakan
demikian. Sementara Imam Malik berhujjah dalam memakruhkannya
sebagaimana yang beliau katakan di dalam Al-Muwata’: Bahawa beliau tidak
pernah melihat seorangpun dari kalangan ulama yang mengerjakan puasa
enam hari Syawal. Sedangkan perlu dijelaskan bahawa jika ia tidak
melihat seseorang melakukan sesuatu sunnah, maka tidak bererti
pendangannya boleh menolak sunnah”. (Lihat: Nailul Autar (4/282))
Pendapat Yang Rajih (Lebih Sahih Dan Kuat)
Namun pendapat yang lebih rajih ialah hadis Aisyah radiallahu ‘anha
bahawa beliau mengqada’ puasanya di bulan Syaban dan Nabi Muhammad
sallallahu ‘alaihi wa-sallam membenarkannya:
ِكَانَ يَكُوْنُ عَلَيَّ الصَّوْمُ مِنْ رَمَضَانَ فَمَا أَسْتَطِيْعُ أَنْ أَقْضِيَهُ اِلاَّ فِى شَعْبَانَ
“Dahulu aku mempunyai hutang puasa Ramadan, maka aku tidak mampu
mengqada’nya kecuali pada bulan Sya’ban”. (H/R Bukhari l950. Muslim
1146)
Maka dibolehkan berpuasa sunnah sebelum mengqada’ puasa wajib yang
tertingggal. Kewajipan mengqada’ puasa tidak dibatasi oleh waktu-waktu
tertentu. (Lihat: Bada’ As-Sanai’ 2/104. (rujuk pendapat al-kasani))
Menurut Imam An-Nawawi: Mazhab Maliki, Abu Hanifah, As-Syafie, Ahmad dan
Jumhur Ulama Salaf dan Khalaf, bahawa mengqada’ puasa Ramadan bagi
orang yang meninggalkannya kerana uzur seperti disebabkan haid atau
dalam musafir, maka tidak disyaratkan mengqada’nya dengan segera setelah
mampu melakukannya, (Lihat: Syarah Muslim. 3/213. An-Nawawi) kerana
keumuman Firman Allah Azza wa-Jalla:
فَعِدَّةٌ مِنْ أيَّامٍ أُخَرُ يُرِيْدُ اللهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ
“berpuasalah dihari-hari yang lain, Allah menghendaki kemudahan bagi
kamu dan tidak menghendaki kesusasah bagi kamu”. (al-Baqarah 2: 185)
Menurut Imam Qurtubi rahimahullah: “Ayat ini menunjukkan wajibnya
mengqada’ puasa tanpa ditentukan harinya, kerana lafaz ayat tersebut
berlaku sepanjang masa tanpa ditentukan pada masa-masa tertantu”.
(Lihat: al-Jami Li Ahkam Al-Quran 2/282. al-Qurtubi)
Syeikul Islam Ibn Taimiyah rahimahullah setelah mengingkari pendapat
Imam Ahmad rahimahullah yang memakruhkan puasa enam hari Syawal, maka
Ibn Taimiyah berkata: “Apabila dilakukan di akhir Ramadan, maka antara
keduanya telah terpisah oleh Hari Raya. Dan larangan Rasulullah
sallallahu ‘alaihi wa-sallam berkenaan puasa di Hari Raya menunjukkan
bahawa larangan tersebut khusus jika dikerjakan pada hari itu sahaja,
sedangkan di hari-hari setelahnya adalah hari yang dibolehkan dan
diizinkan untuk berpuasa. Jelasnya jika baginda mahu melarang dari puasa
enam hari Syawal, pasti baginda akan menegahnya sebagaimana baginda
menegah berpuasa diawal bulan Ramadan (Lihat: Syarah Al-Umdah (2/559)):
لاَ تُقَدِّمُوْا رَمَضَانَ بِصَوْمٍ وَلاَ يَوْمَيْنِ.
Janganlah kamu mendahului puasa Ramadan dengan puasa sehari atau dua
hari sebelumnya”. (Rujuk: Sahih Bukhari hadis no: 1914, Sahih Muslim,
hadis no: 2514)
Berikut beberapa permasalahan yang sering dipertanyakan dalam masalah ini:
1. Apakah puasa syawal harus dimulai pada tanggal 2 syawal?
Jawab: Tidak harus, puasa syawal bisa dimulai kapan saja selama dia bisa
menyelesaikan 6 hari puasa itu di bulan syawal. Walaupun tidak
diragukan bahwa menyegerakan pengerjaannya itu lebih utama berdasarkan
keumuman dalil untuk berlomba-lomba dalam mengerjakan kebaikan dan dalil
yang menganjurkan untuk tidak menunda amalan saleh.
2. Apakah dipersyaratkan keenam hari puasa syawal ini harus dikerjakan secara berturut-turut?
Jawab: Hal itu tidak dipersyaratkan bahkan boleh mengerjakannya secara
terpisah-pisah selama masih dalam bulan syawal. Walaupun sekali lagi,
mengerjakannya secara berurut itu lebih utama berdasarkan keumuman dalil
yang kami isyaratkan di atas.
Tidak disyaratkan dikerjakan pada minggu pertama Syawal, kedua atau
ketiga atau secara beruturut. Boleh dikerjakan pada Hari Raya kedua,
berturut-turut atau diselang seli kerana keumuman sabda Rasulullah:
وَأَتْبَعَهُ بِسِتٍّ مِنْ شَوَّالَ (وَفِى رِوَايَةٍ) سِتًّا مِنْ شَوَّالَ.
“Dan ikutkanlah/iringkanlah dengan puasa enam hari di bulan Syawal. (Diriwayat yang lain) Enam hari di bulan Syawal”.
Hadis di atas ini menunjukkan bahawa bulan Syawal keseluruhannya waktu
untuk berpuasa enam, diberi kelongaran sehingga tidak dikhususkan
sebahagian waktu dengan waktu yang lain, yang pesti ia dipisahkan oleh
puasa Ramadan dengan Hari Raya pertama (1hb Syawal), kerana tidak
dibolehkan berpuasa pada awal Hari Raya.
Ibn Taimiyah menjelaskan: Telah diketahui bahawa puasa Syawal tidak
bersambung dengan puasa Ramadan, jika melakukannya di awal bulan lebih
afdal kerana lebih hampir dengan Ramadan, maka melakukan di akhir bulan
Syawal juga afdal kerana mengakhirinya menghampirkan puasa Ramadan
dengan puasa lainnya, atau menjadikan Hari Raya kedua seperti yang
dilakukan sebahagian orang, maka keduanya ada kebaikannya sama ada di
awal atau di akhir Syawal.
Menurut Imam An-Nawawi rahimahullah: “Pendapat dari kalangan ulama
Syafiyah puasa enam hari sunnah dilakukan secara berterusan/berurutan,
kerana menurut Imam an-Nawawi: Para sahabat kami berkata: Disunnahkan
puasa enam bulan Syawal berdasarkan hadis sahih. Mereka juga berkata:
Disunahkan berpuasa berurutan (terus menerus enam hari tanpa
diputuskan), tidak ditunda sehingga akhir bulan, namun sebaliknya juga
dibolehkan, orang yang melakukan masih mengikut sunnah yang sesuai
dengan keumuman makna hadis dan kemutlakannya. Dan ini tiada perbizaan
dikalangan mazhab kami, sebagaimana juga pendapat Ahmad dan Abu Daud”.
(Lihat: Al-Majmu’ (6/379))
Menurut Imam Ahmad, dijelaskan oleh anaknya Abdullah: “Nabi Muhammad
bersabda: Enam hari dari bulan Syawal, maka apabila seseorang berpuasa
enam hari tersebut, tidak perlu dikhuatari sama ada dilakukan berselang
seli atau serentak (berurutan)”. (Lihat: Masail Abdullah hlm. 193)
3. Apakah puasa enam hari dibulan syawal boleh dikerjakan sebelum
mengerjakan puasa qadha` -bagi yang mempunyai tunggakan di bulan
ramadhan-?
Jawab: Ada perbedaan pendapat di kalangan ulama dalam masalah ini, hanya
saja lahiriah hadits Abu Ayyub di atas menunjukkan bahwa puasa syawal
hanya disunnahkan bagi orang yang sudah selesai mengerjakan puasa
ramadhan yang jumlahnya 29 atau30 hari. Sementara orang yang mempunyai
qadha tentunya puasanya kurang dari 29 hari maka dia diharuskan
menyelesaikan dulu ramadhannya baru kemudian mengerjakan puasa syawal.
Dari sudut tinjauan lain, puasa qadha` adalah wajib sementara puasa
syawal adalah sunnah, dan tentunya ibadah wajib lebih didahulukan
daripada ibadah yang sunnah.
Jika ada yang bertanya: Bagaimana dengan ucapan Aisyah, “Saya pernah
mempunyai kewajiban puasa ramadhan, lalu saya tidak bisa untuk
mengqadha`nya kecuali sampai datangnya sya’ban.” Bukankah ini
menunjukkan Aisyah -radhiallahu anha- berpuasa syawal sebelum
mengqadha`, karena qadha’nya dikerjakan di sya’ban tahun depannya?
Jawab: Dalam ucapannya tidak ada sama sekali keterangan yang menunjukkan
kalau beliau mengerjakan puasa syawal, maka ucapan beliau tidak boleh
ditafsirkan seperti itu. Karenanya sebagian ulama mengatakan bahwa
Aisyah -radhiallahu anha- tidak mengerjakan puasa-puasa sunnah karena
beliau sibuk mengerjakan ibadah yang jauh lebih utama dibandingkan
puasa-puasa sunnah tersebut, yaitu kesibukan beliau melayani Rasulullah
-shallallahu alaihi wasallam-. Dan tidak diragukan bolehnya meninggalkan
sebuah amalan sunnah untuk mengerjakan amalan sunnah lain yang lebih
besar pahalanya dibandingkan amalan sunnah yang pertama.
مَنْ تَطَوَّعَ وَعَلَيْهِ مِنْ رَمَضَانَ شَيْءٌ لَمْ يَقْضِهِ فَاِنَّهُ لاَ يُتَقَبَّلُ مِنْهُ حَتَّى يَصُوْمَهُ
“Barangsiapa yang mengerjakan puasa sunnah sedangkan ia mempunyai hutang
(qada’) Ramadan yang belum ditunaikan, maka puasa sunnahnya tidak
diterima sampai ia membayarnya (mengqada’nya). (Lihat: Al-Mugni. 4/401)
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ اتْبَعَهُ بِسِتٍّ مِنْ شَوَّالَ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ.
“Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadan, lalu ia mengiringinya dengan
puasa enam hari di bulan Syawal, maka seakan-akan ia telah berpuasa
setahun”.
Oleh kerana hadis ini menetapkan: (Barangsiapa yang berpuasa Ramadan)
adalah jelas. Sebahagian ahli ilmu ada yang berbeza pendapat tentang
sahnya melakukan puasa sunnah sebelum mangqada’ puasa wajib. Namun
masalah ini tidak berlaku khasnya kepada perkara ini, kerana hadis ini
menyatakan dengan jelas tidak ada puasa enam hari kecuali setelah
mengqada’ puasa Ramadan”. (Lihat: Al-Mugni. 4/401)
4. Bagi yang mengerjakan mulai berpuasa syawal pada tanggal 2 syawal dan
dia kerjakan berturut-turut. Apakah pada tanggal 8 syawal ada lagi
perayaan, yang dinamakan oleh sebagian orang dengan lebaran ketupat?
Jawab: Tidak ada hari raya dalam Islam kecuali dua hari id dan hari
jumat, karenanya membuat hari raya baru yang tidak ada tuntunannya dalam
syariat adalah perbuatan yang bid’ah yang bertentangan dengan agama.
Lebaran Ketupat hanya lah sebuah tradisi dan bukan hari raya.
Dari Tsauban, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ كَانَ تَمَامَ السَّنَةِ (مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا)
“Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idul Fitri, maka dia
seperti berpuasa setahun penuh. [Barang siapa berbuat satu kebaikan,
maka baginya sepuluh kebaikan semisal].” (HR. Ibnu Majah dan dishohihkan
oleh Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil)
Orang yang melakukan satu kebaikan akan mendapatkan sepuluh kebaikan
yang semisal. Puasa ramadhan adalah selama sebulan berarti akan semisal
dengan puasa 10 bulan. Puasa syawal adalah enam hari berarti akan
semisal dengan 60 hari yang sama dengan 2 bulan. Oleh karena itu,
seseorang yang berpuasa ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan
syawal akan mendapatkan puasa seperti setahun penuh. (Lihat Syarh An
Nawawi ‘ala Muslim, 8/56 dan Syarh Riyadhus Sholihin, 3/465). Segala
puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat ini bagi umat Islam.
Demikian beberapa masalah seputar puasa syawal yang bisa kami bahas pada kesempatan ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar